10 Mitos Kuno yang Beredar di Masyarakat hingga Saat Ini

Mitos digunakan para orang tua terdahulu untuk memberikan larangan atau peringatan kepada anak atau siapapun yang lebih muda, dengan sesuatu yang tidak ada korelasi dan sebab akibat yang jelas. Berikut adalah 10 mitos populer yang sebaiknya kita pelan-pelan tinggalkan.

1. Larangan keluar rumah ketika senja
Dulu orang beranggapan jika keluar rumah saat senja, bisa hilang dibawa makhluk halus. Bahkan sampai saat ini sebagian masyarakat di daerah pedesaan masih percayai mitos ini.

Masuk akal juga, ada baiknya jika kita tidak keluar rumah pada saat senja. Diperkampungan jaman dulu rumah masih sangat jarang dibangun, penerangan jalan raya sangat minim, bahkan banyak perkampungan yang belum dialiri listrik. Larangan ini bisa saja dimaksudkan agar kita terhindar dari ancaman binatang buas.

2. Jangan menyisakan nasi ketika makan
Mitos tentang larangan menyisakan nasi atau membuang nasi masih banyak digunakan saat ini. biasanya larangan ini ditujukan pada anak kecil yang susah makan. Dulu alasan ini digunakan untuk menakut-nakuti anak bahwa nasi akan menangis kalau makannya tidak habis. Dan dulu anak kecil akan takut jika nasi akan menangis disebabkan ulahnya yang tidak mau makan. Walaupun maksudnya baik, ini tetaplah sebuah mitos yang sebaiknya pelan-pelan ditinggalkan.

3. Larangan potong kuku malam
Potong kuku pada malam hari juga menjadi mitos orang kuno yang masih kerap kita dengan di masyarakat modern. Tidak hanya di Indonesia, sebagian masyarakat di Jepang dipercaya bahwa siapapun yang memotong kuku malam hari, akan mengikuti orang tuanya ketika mereka meninggal.

Masyarakat modern telah menganggap bahwa pantangan ini berkaitan dengan tidak adanya alat pemotong kuku pada jaman dulu, sehingga beresiko melukai jari apabila potong kuku dengan pisau dimalam hari dengan cahaya minim.

4. Tidak boleh duduk di depan pintu saat makan
Sejak jaman dahulu, mitosnya makan sambil duduk di depan pintu akan susah dapat jodoh. Larangan makan sambil duduk di depan pintu ini memang ada benarnya, karena akan menghalangi orang yang lewat tempat tersebut. Namun demikian mitos susah dapat jodoh karena hal ini tidaklah masuk akal dan perlu ditinggalkan.

5. Dilarang memukul pantat gadis
Satu lagi mitos yang pernah populer, yakni memukul pantat gadis. Memukul atau memegang pantat gadis dipercaya jika mendatangkan sial dan kelak mendapat jodoh yang tidak bisa memasak. Selain perbuatan ini adalah perbuatan kurang sopan, ini juga bisa dibilang merupakan salah satu jenis pelecehan yang dapat melanggar hukum. Walau bagaimanapun kita harus menghormati kaum perempuan dengan bersifat sopan.

6. Tidak boleh menyapu pada malam hari
Pendahulu kita melarang menyapu pada malam hari, karena dipercaya bisa menghilangkan rezeki. Ini sangat masuk akal, karena zaman dulu setiap rumah hanya menggunakan lampu tempel yang remang. Larangan menyapu pada malam hari dimaksudkan untuk menghindari ada benda atau barang berharga kita yang terjatuh di lantai dan terbuang bersama sampah, dan itu berarti kita kehilangan rezeki.

7. Tidak diperbolehkan makan di tempat tidur
Alasannya jelas jika makan di tempat tidur akan menyebabkan sprei kotor dan berpotensi mendatangkan semut, kecoa, bahkan tikus. Tapi orang zaman dulu meyakini mitos jika makan di tempat tidur akan mendapatkan jodoh yang pemalas. Yang harus kita ingat baik-baik ini hanyalah sebuah mitos.

8. Burung gagak berbunyi
Tidak habis pikir kenapa ada mitos sekonyol ini. Hal ini juga masih dipercayai, jika ada gagak berbunyi maka akan ada salah seorang dari keluarga yang meninggal. Menurut kami mitos ini sangan tidak rasional, bagaimana mungkin gagak tau tentang keluarga kita, bahkan bisa memberi kode bahwa sanak keluarga kita ada yang akan meninggal dalamwaktu dekat. Yang perlu diyakini adalah kematian bisa datang kapanpun, bahkan tanpa sebab berarti. Mitos ini juga masih dipercayai oleh sebagian masyarakat sampai di era modern seperti sekarang.

9. Menabrak kucing
Mitos ini masih populer dan dipercaya oleh masyarakat sampai saat ini, menurut mitosnya menabrak kucing akan mendatangkan sial. Bahkan penabrak harus mengurus dan menguburkan kucing tersebut dengan cara khusus.
Sebetulnya yang perlu di perhatikan adalah menabrak hewan apapun harus dihindari, jadi kita harus selalu waspada dan hati-hati ketika berkendara ya…

10. Larangan foto bertiga
Beberapa orang percaya bahwa mitos ini adalah benar adanya, bahkan sampai saat inipun jika foto bertiga salah satu di antaranya bakal ada yang mneinggal lebih dulu. Uniknya mitos yang tidak masuk akal seperti ini pun menjamur dimasyarakat. Mudah-mudahan tidak termasuk kita ya.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *