3 Mobil Favorit Keluarga Sepanjang Masa

3 merek mobil yang akan kami ulas, merupakan mobil idaman yang dianggap paling ideal karena dapat memenuhi kebutuhan semua keluarga di tanah air. Kini ketiga merek mobil tersebut memang tidak se hits pada waktu awal kemunculannya, meski begitu masyarakat masih menganggap bahwa mobil-mobil ini adalah mobil yang mampu mengakomodir keluarga namun tetap murah tapi tidak murahan.

Toyota Kijang gen 4
Berawal dari Kijang, kijang ayang akan kita perbandingkan disini adalah new kijang, atau kijang baru yang dikenal oleh masyarakat sebagai kijang kapsul pertama. Kijang sendiri awalnya merupakan proyek kerjasama antara pemerintah Indonesia dan perusahaan otomotif Toyota dari jepang ditahun 70an, yang kemudian dinamakan dengan kerjasama indonesia jepang yang disingkat menjadi Kijang. Tujuan diproduksinya mobil ini adalah upaya pemerintah dan Toyota yang ingin mempersembahkan kendaraan roda 4 untuk angkutan komersil. Namun karena kepercayaan masyarakat terhadap kehandalannya, kemudian Toyota menghadirkan Kijang station atau mobil dengan penumpang manusia yang berkonfigurasi 3 baris. Dengan fungsi dan kehandalan yang dimiliki, kijang hadir dengan banderol yang tidak murah, tidak seperti LCGC pada era sekarang. Yang sekarang akan kami ulas adalah kijang generasi ke 4  produksi tahun 1997-2004 yang merupakan mobil yang cukup berkelas pada masanya. Dengan desain body yang boxy membulat layaknya kapsul, menurut kami paling eksklusif dibanding rivalnya Isuzu Panther, dan Misubishi Kuda, Kijang mampu mempertahankan eksistensi dan harga purna jualnya, hingga saat ini Kijang gen 4 ini di banderol dipasaran dengan harga 50 – 55 jt untuk mobil dengan kondisi yang siap pakai. Mesin dengan karburator yang bandel dan terkenal awet menjadikan mobil ini masih dianggap menjadi mobil yang ideal untuk keluarga dengan harga yang murah namun tidak murahan.

Isuzu Panther 2.5
Dari pabrikan Isuzu juga tidak ingin ketinggalan, pada awal 90-an Isuzu mengeluarkan produk yang diperuntukkan kurang lebih sama dengan rivalnya dari Toyota, yakni menjadi mobil komersial dan juga mobil yang mengakomodir kebutuhan keluarga pada masanya. Diawal kemunculannya Isuzu Panther ini debekali dengan mesin diesel 2.300 cc sampai ke pertengahan 90-an. Diperbaharui di tahun 1995 akhir dengan mesin generasi ke 2 yakni 2.500 cc direct injection. Dari awal kemunculannya Isuzu Panther sudah di desain dengan sangat moderen, terbukti body Boxy namun tidak terlalu bersudut terbukti mampu menjadi daya tarik tersendiri di masyarakat. Bahkan sampai saat ini Isuzu panther masih banyak diminati dan banyak digemari masyarakat. Dikenal dengan mobil dengan model yang Timeless, murah, berkualitas, ditambah dengan mesin 2.5 direct injection yang responsif, hemat BBM, dan mempunyai torsi besar khas mobil diesel. Dipasaran mobil ini dibanderol dengan hargo 48 jt – 55 jt tergantung pada seri dan kondisi yang baik dan siap pakai.

Mitsubishi Kuda Gen 1
Satu lagi MPV yang telah sejak lama menjadi kendaraan kebanggaan keluarga indonesia. Dibawah nama besar Mitsubishi, MPV 3 baris ini telah mendapat banyak perhatian dari masyarakat, khususnya penggemar otomotif. Menjadi pesaing dari Toyota Kijang dan Isuzu Panther bukanlah sesuatu yang Ringan untuk Mitsubishi Kuda. Image yang telah lebih dahulu dimiliki kedua Rivalnya sebaga mobil atau kendaraan idaman keluarga, membuat mitsubishi harus punya effort dan kesungguhan dalam menciptakan produk sejenis dengan keunggulan dan ketangguhan yang mumpuni. Mitsubishi yang dikenal telah banyak menciptakan kendaraan tangguh menyematkan mesin diesel milik L300 yang telah teruji kekuatannya juga 2.0L injeksi dan, 1.6L bensin karburator pada varian bermesin bensin. Dengan model body boxy yang tidak terlalu mengotak, kuda kemudian terlahir sebagai salah satu MPV yang dikenal mampu menaklukkan berbagai medan. Untuk pasar Asia Mitsubishi membangun mobil ini bekerja sama dengan China Motor Corporation. Tidak hanya di Indonesia Kuda juga dipasarkan di berbagai negara di Asia dengan nama yang berbeda-beda seperti Adventure di Philipina dan Freeca di Taiwan. Kini mobil yang dulu menjadi primadona keluarga Indonesia dapat dimiliki dengan harga yang terjangkau bahkan tergolong murah. Harga Kuda untuk varian Diesel rata-rata ditawarkan 45 jt – 55 jt tergantung pada tipe dan kondisi mobil tersebut.

Semoga catatan kecil diatas dapat menjadi informasi yang bermanfaat. Bahwa kita bisa mendapatkan mobil yang telah teruji bandel, tangguh, dan terbukti awet dengan harga relatif murah dan terjangkau. Keunggulan lain dari ke 3 pilihan mobil diatas adalah kemudahan suku cadang, tidak heran 3 merek mobil diatas tetap digemari masyarakat hingga saat ini.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *