Mengenal Nikola Tesla, Ilmuwan Kuno Yang Kini Naik Daun

Kita yang saat ini hidup di jaman modern, pasti sangat terbantu dengan adanya alat atau perangkat elektronik yang ada disekitar kita. Udah pasti nih ya, bakalan protes kalo ada mati listrik meskipun itu hanya beberapa saat. Soale ya memang listrik kini udah jadi sesuatu yang tidak bisa dilepaskan dari setiap inchi kehidupan kita. Karena pada dasarnya perangkat elektronik secanggih apapun tidak akan berfungsi tanpa energi listrik.

Kali ini kita akan sedikit bahas mengenai seorang ilmuan atau pakar dalam bidang teknologi yang mungkin tidak setenar Thomas Alfa Edison atau Albert Einstein. Namun banyak sekali artikel atau catatan yang mencatat bahwa Nikola Tesla seorang penemu, fisikawan, sekaligus teknisi listrik asal Serbia – Amerika yang membuat perubahan besar di kehidupan manusia. Bagaimana tidak, dulu waktu Edison mulai memasarkan produk pembangkit listriknya, dia adalah orang yang dianggap paling berjasa. Pencahayaan di perkotaan dan rumah-rumah pada waktu itu beralih dari lampu minyak ke perangkat yang lebih modern, yaitu bola lampu pijar.

Pada tahun 1884 Nikola Tesla seorang insinyur genius kemudian bergabung menjadi pekerja untuk perusahaan Edison. Produk listrik DC (arus searah) yang menjadi inovasi dan terobosan Edison waktu itu menjadi yang terbaik dan paling diminati. Namun bukan tanpa keterbatasan, produk DC Edison memiliki kekurangan yakni jarak Generator tidak boleh lebih jauh dari 1 mil dan memerlukan banyak generator untuk menghasilkan banyak voltase. Kekuranga lain adalah dikhawatirkan voltasenya bakal turun dikarenakan besarnya gesekan antara listrik dengan konduktornya.

Nah disini Nikola Tesla mencoba mengembangkan arus DC yang menjadi produk kebanggaan Edison, kemudian terciptalah arus AC (arus bolak-balik) yang memiliki cara kerja yang lebih efisien dan efektif. AC cuma perlu satu generator aja. Ketika sampai ke pengguna, penurunan voltasenya bisa pake transformator yang kecil dan terjangkau. Engga kaya DC yang musti pake banyak generator sesuai jenis voltase, gampangnya satu tingkatan voltase pake satu generator.

Rivalitas
Ditengah-tengah proses Tesla mengembangkan apa yang telah menjadi gagasan besarnya, tidak terasa bahwa bibit persaingan justru datang dari bossnya sendiri yakni Edison. Arus AC yang menjadi hasil pengembangan yang dilakukan oleh Tesla mendapat respon yang kurang menyenangkan, Edison berpendapat bahwa arus AC yang telah digagas oleh Tesla mempunyai resiko tinggi terhadap keamanan pemakai karena besarnya arus, serta dinilai hanya buang waktu aja.

Kalo diliat-liat si emang persaingan antar dua ilmuan ini cukup sengit, bahkan dalam berbagai artikel dijelaskan bahwa Edison pernah janji bakal ngasih bonus $50.000 ke Tesla kalo bisa bikin contoh inovasi atau semacam produk prototype untuk Edison. Inovasi yang diminta mulai dibuat oleh Tesla, di musim semi 1885 pas rancangan beberapa prototype udah jadi Tesla nagih bonus yang telah dijanjiin sebelumnya namun dijawab oleh Edison bahwa dia hanya becanda. Tidak lama kemudian Tesla keluar.

Tesla kemudian mulai membangun industrinya sendiri dan menarik minat dari sebuah perusahaan besar bernama Westinghouse. Edison sempat melempar kritik terhadap Westinghouse atas keputusannya. Westinghouse terus berkembang menjadi perusahaan yang besar dan berpengaruh. Prestasi yang diraih Westinghouse dan Tesla tidak main-main Bersama Tesla, Westinghouse memenangkan lelang proyek pembangkit listrik yang memanfaatkan air terjun niagara. Westinghouse membangun pembangkit listrik besar bertenaga air pertama di dunia sengan generator AC yang merupakan inovasi Tesla.

Saat itu belum ada yang dapat memanfaatkan potensi dari alam seperti air terjun untuk menggerakkan Generator raksasa yang dikonversi menjadi energi listrik untuk menerangi seluruh New York. Listrik AC yang dihasilkan kemudian ditransmisikan dari jarak jauh. Dan ini mungkin aja jadi rolemodel buat pembangkit modern yang listriknya kita nikmati bareng-bareng sekarang.

Berbagai perangkat elektronik canggih pada masanya menjadi cikal-bakal dari perangkat elektronik nirkabel yang telah banyak memberikan manfaat pada kehidupan saat ini. Kita tau bahwa perangkat nirkabel wujud dari pada kepraktisan yang sangat dapat diandalkan pada era multimedia ini, tidak hanya untuk keperluan sehari-hari tapi juga untuk menunjang segala kegiatan baik itu bisnis atau pekerjaan lain. Nikola Tesla telah memulai gaya hidup modern dan dinamis bahkan jauh sebelum tanah air merdeka.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *