5 Negara Paling Tak Kenal Macet

Kemacetan merupakan masalah yang pelik yang tak kunjung usai terutama dikota – kota besar di Indonesia. Berbagai macam upaya pemerintah untuk membebaskan kota besar seperti Jakarta nampaknya belum membuahkan hasil yang memuaskan. Diluar sana telah banyak negara yang telah berhasil menekan angka kemacetan kendaraan. Rata – rata negara – negara ini menekan kemacetan dengan cara memperbaiki sistem jalan raya ataupun dengan memberikan kebijakan pembatasan kepemilikan kendaraan. Inilah beberapa negara paling tidak kenal kemacetan.

1. Jepang

Negara ini merupakan negara penghasil produk otomotif terbesar di dunia. Lebih hebatnya lagi walaupun banyak sekali mobil atau motor yang diproduksi di jepang, negara ini tidak lantas menjadi negara yang penduduknya konsumtif terhadap produk otomotif. Masyarakat di negara jepang lebih banyak menggunakan transportasi umum. Bukan karena regulasi ganjil genap dan banyaknya ojek online yang bersliweran disana. Tapi memang biaya yang dikeluarkan untuk memiliki dan menggunakan mobil tidaklah murah. Pajak kendaraan dan biaya toll disana jauh lebih mahal ketimbang di Indonesia.
Satu hal yang patut kita ambil sebagai inspirasi adalah fasilitas umum yang sangat memadai. Fasilitas umum yang baik membuat setiap warga jepang tidak akan keberatan untuk menggunakannya. Pemerintah jepang sangat memperhatikan kenyamanan warga negaranya didalam menggunakan fasilitas umum.

2. UEA

Sudah bukan rahasia lagi kalau Uni Emirat Arab adalah salah satu negara terkaya didunia. Kekayaan negaranya dihasilkan dari industri minyak yang maju dan terus berkembang. Bembangunan negara ini sangatlah pesat tidak terkecuali pembangunan jalan rayanya. Dengan pengalokasian dana yang besar Uni Emirat Arab telah berhasil membangun infrastruktur jalan yang sangat baik yang memungkinkan bagi penggunanya untuk terbebas dari resiko kemacetan. Tidak hanya itu perawatan fasilitas umum lainnya pun patut diacungi jempol.

3. Singapura
singapura adalah salah satu negara paling berpengaruh di Asia bahkan Dunia. Negara yang tidak lebih luas dari pulau Bali ini menjadi pememran penting dari semua transportasi laut yang melewati Asia Tenggara. Penghasilan negara ini tergolong sangat besar untuk ukuran sekecil itu. Dan ini sangat berpengaruh terhadap kemajuan negaranya, tidak terkecuali dalam hal pembangunan. Negara ini juga mempunyai cara yang amat baik dalam mengatasi macet, harga kendaraan pribadi di singapura tergolong sangat mahal, sehingga hanya segelintir orang saja yang mampu untuk membelinya. Konon harga mobil disana lebih mahal tiga kali lipat, ditambah dengan angkutan umum yang nyaman dan tepat waktu sehingga menambah minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi umum. Seperti bus kota dan monorail, bahkan MRTnya adalah salah satu yang terbaik di dunia dalam segi ketepatan waktu.

4. Austria
Ya! Austria adalah satu negara di benua Eropa yang sangat memperhatikan jalan rayanya. Tidak hanya dari segi estetika, Austria juga sangat mementingkan keselamatan penggunanya. Kualitas jalanannya yang mulus dan terawat ditambah pemandangan kota yang indah membuat Austria bisa jadi pilihan terbaik untuk traveling. Selain dari pada itu Austria juga dikenal dengan negara yang bebas macet karena baiknya penataan jalannya, keseriusan negara ini dalam mengatur jalan juga dikarenakan jalanan di Austria adalah salah satu yang paling terhubung dengan banyak negara lain di Eropa.

5. Amerika serikat
Negara berjuluk Paman Sam juga termasuk salah satu yang memiliki sistem jalan raya yang terbaik. Semua kota dan negara bagian di sana terhubung melalui jalan, rel kereta, hingga udara. Pemerintah di sana juga menerapkan sistem jalanan untuk mengurangi macet di beberapa kota. Amerika Serikat Membuat seluruh pengguna jalan dapat menggunakan berbagai jalur darat berupa Bus umum dan Kereta api yang nyaman. Selain itu jalan raya di Amerika Serikat jg tergolong berukuran lebar untuk menghindari kepadatan kendaraan di jalan raya.

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *