7 Benda Terbesar yang Pernah di Buat Manusia

Perkembangan peradaban selalu dibuktikan dengan kemajuan jaman. Hal ini bisa terlihat dari kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Banyaknya penemuan baru dan rekor yang tercipta membuktikan bahwa peradaban benar-benar berkembang secara dinamis.
Berikut adalah 7 benda berukuran raksasa yang pernah dibuat di dunia.

1. Big Boy
Big Boy adalah lokomotif raksasa dan merupakan yang terbesar di dunia, pada tahun 1941 Alco Locomotive Work di Amerika telah berhasil membuat 25 lokomotif uap berukuran sangat besar dan paling bertenaga pada masanya yang bernama Big Boy.
Loko ini dioperasikan oleh Union Pacific Amerika Serikat untuk melewati berbagai medan berat pegunungan. Big Boy dapat menarik 3.600 ton rangkaian, dengan konfigurasi 4-8-8-4 atau dengan 8+8 roda penggerak atau seri DD. Kereta super besar dan bertenaga ini mampu melaju dengan kecepatan 120 km/jam, serta tekanan uap 300 psi.
Union Pacific pernah melakukan pertolongan darurat pada tahun 1930 di jalur Ogden ke Wasatch Amerika Serikat, di mana rangkaian kereta adalah seberat 3.600 ton dan dengan elevasi 1,14%. Oleh sebab itu Union Pacific menginginkan lokomotif dengan tenaga yang super besar.

2. Belaz 75710
Kapasitas angkut truk ini mencapai 496 ton, saat ini Belaz 75710 menjadi dump truk terbesar di dunia. Di produksi dan dikembangkan oleh perusahaan Belarusia, Belaz 75710 diperuntukkan mengangkut berbagai hasil tambang di Rusia.
panjang kendaraan ini mencapai 20,6 meter dan tinggi 8,16 meter, lebar 9,87 meter dengan bobot 360 ton. Dump Truck ini dibekali sebuah mesin 16 silinder diesel turbo compressor yang dapat menghasilkan 2.332bhp dan dapat melaju hingga 64 km/jam.
Dengan spesifikasi seperti itu Belaz 75710 sangat siap beroperasi di tambang-tambang super besar.

3. Antonov An 225 Mriya
Pesawat ini pernah digunakan untuk mengangkut pesawat ulang alik Buran menggantikan Myasishchev VM-T.
An 225 Mriya merupakan pesawat berbadan lebar buatan Antonov dari Rusia. Nama Mriya dalam bahasa Ukraina berarti mimpi atau inspirasi.
Namun seiring dengan runtuhnya Uni Soviet pada tahun 1991 proyek Buran terhenti, dan tahun 1993 pesawat ini tidak beroperasi selama hampir 8 tahun. Pada tahun 2001, pesawat ini kembali dioperasikan dengan menjadi pengangkut berat yang bernomor penerbangan UR-82060 hingga saat ini.

4. The Bagger 293
Tingginya 310 kaki atau 94,5 meter dengan panjang lebih dari 722 kaki atau 220 meter. Memiliki bobot lebih dari 14.196 ton.
The Bagger 293 membutuhkan bantuan lebih dari 5 orang untuk mengoperasikannya, karena memiliki 20 buah bucket dengan 70 meter lebar diameternya, dimana setiap bucket dapat mengangkut beban hingga 20 kubik. Alat ini dapat mengalokasikan sekitar 240.000 meter kubik material per hari.
The Bagger 293 merupakan excavator terbesar yang dibuat oleh TAKRAF Industry yang merupakan perusahaan pembuat alat berat dari Jerman. Mesin ini memegang rekor sebagai mesin terbesar dan terberat di bumi. Kini The Bagger 293 beroperasi di tambang batubara di Victoria di Australia.

5. Prelude FLNG
Prelude FLNG adalah kapal terbesar di dunia yang pernah dibangun. Lambung kapalnya lebih panjang dari tinggi Empire State Building. Kapal inj diluncurkan di Korea Selatan pada tahun Desember 2013.
Panjang kapal ini mencapai 488 meter dan lebar 74 meter, kapal ini merupakan tambang gas alam cair apung (FLNG) Prelude milik perusahaan minyak Shell.
Kapal FLNG Prelude ini juga merupakan fasilitas terapung terbesar yang pernah dibangun, diperlukan Lebih dari 260 ribu ton baja digunakan dalam konstruksinya.
Ketika beroperasi, beratnya mencapai lebih dari 600.000 ton, atau lebih dari lima kali berat kapal induk terbesar yang pernah ada.

6. New Century Global Center
Sampai dengan saat artikel ini ditulis, gedung yang didirikan pada tahun 2010 ini digunakan sebagai ruang perkantoran, ruang konferensi, sebuah kompleks universitas, pusat komersial, hotel, bioskop dan ritel. Bukan hanya kemegahan dan keluasan gedungnya yang mencuri perhatian, keindahan sekitar gedung pun turut menjadi daya tarik. Di sekitar lingkungan gedung terdapat taman air dan kolam yang menakjubkan.
Sebagai bangunan terluas di dunia. Gedung yang memakan waktu pembangunan selama 3 tahun ini berada di Cina, gedung ini memiliki total luas bangunan mencapai 1,760,000 meter persegi. Selain memiliki luas lantai yang begitu besar, gedung ini juga dibangun dengan desain yang artistik

7. Bandara Internasional King Fahd
Jika Antonov An 225 Mriya adalah pesawat terbang terbesar sepanjang sejarah, Arab Saudi punya bandara dengan ukuran terbesar di dunia.
Bandara ini dapat menampung hingga 5,2 juta penumpang, 50 ribu pesawat dan 82 ribu ton kargo. Bandara Internasional King Fahd yang terletak di Dammam, Arab Saudi ini pertama kali dibuka pada tahun 1999. Dengan total luas yang fantastis yakni 485 mil persegi.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *