8 Hal Ekstrim ini Dulu Dianggap Wajar

8 hal ekstrim ini dulu dianggap wajar

Kita sering berpikir bahwa peradaban manusia akan terus berkembang seiring berjalannya waktu. Tidak salah memang, kebiasaan manusia dari masa ke masa selalu mengikuti teknologi dan ilmu pengetahuan pada masanya. Tidak selalu bertambah baik, banyak dari kebiasaan manusia dimasa sekarang yang dianggap mengalami kemunduran, entah itu dalam segi sosial maupun moril. Disisi lain kemajuan jaman juga memberikan efek positif, entah itu dalam bidang teknologi, kesehatan, pendidikan, dan lain sebagainya. Berikut ini 8 hal yang mungkin bisa menjadi bukti sejarah perkembangan peradaban manusia:

1.Piknik ke rumah sakit jiwa

Piknik atau berwisata dapat membuat pikiran dan otak kita mendapat penyegaran, apalagi ditengah-tengah rutinitas yang padat dan menyita waktu. entah apa yang ada di benak orang jaman dulu sehingga mereka memilih rumah sakit jiwa sebagai destinasi wisata atau liburan, kabarnya sih para pengunjung ini ingin mengetahui lebih dalam tentang kehidupan orang-orang atau pasien didalam. Ada yang minat?

2.Rokok untuk ibu hamil

“Merokok dapat menyebabkan kangker, serangan jantung, impotensi dan gangguan kehamilan dan janin” kira-kira begitu tulisan di kemasan rokok pada umumnya, malah kalau sekarang pada bungkus rokok tertulis “merokok membunuhmu” disertai gambar atau foto-foto yang mengerikan. Tapi tidak demikian dengan 70 tahun yang lalu, jangan heran kalau dulu kamu akan banyak melihat ibu hamil merokok di rumah sakit, karena dulu memang ibu hamil dianjurkan untuk merokok guna mengatasi konstipasi. Gak habis pikir ya?

3.Koleksi anggota tubuh manusia

Kita pasti sering menjumpai orang yang hobinya koleksi boneka barbie atau action figure. Tapi lain dulu lain sekarang, banyak orang jaman dulu punya hobi yang menyeramkan tapi waktu itu dianggap wajar, yakni mengoleksi anggota tubuh manusia. Bahkan pria terhormat memiliki kamar patoanatomis mereka sendiri di rumah. Tentara pun biasa membawa pulang tengkorak musuh mereka. Dalam gambar di atas, kita melihat seorang pelaut Amerika, selama Perang Dunia Kedua, ia bermain main dengan tengkorak seorang tentara Jepang. Wow serem ya?

4.Kebun binatang manusia

Pernah liat harimau atau rusa? Atau mungkin liat gajah dan beruang? Kini kita bisa melihat hewan-hewan liar yang tidak pernah hidup di lingkungan kita hanya dengan datang ke kebun binatang, tinggal bayar tiket masuk lalu kita bisa melihat hampir semua koleksi hewan liar yang dipelihara di sebuah kebun binatang. Ini akan berbeda dengan di masa lampau, di negara-negara barat pada tahun 1958 banyak ditemukan manusia yang di kurung dalam kandang hanya untuk dipertontonkan. Biasanya orang-orang afrika dan asia dipertontonkan kepada orang-orang barat sebagai hiburan sekaligus untuk membuktikan teori darwin. Miris ya? Bisa jadi masa itu adalah masa yang paling memalukan bagi peradaban manusia.

5.Metode pengobatan yang tidak wajar

Kita bisa lihat gambar diatas, itu adalah metode bedah paling tua yang dilakukan untuk mengobati sakit kepala, epilepsi, dan penyakit psikologis. Betapa mengerikan metode pengobatan atau terapi yang di gunakan pada jaman dahulu. Mungkin karena dunia pengobatan dan teknologi di bidang medis belum berkembang dan canggih seperti sekarang ya?, bahkan kabarnya untuk mengobati orang yang gagap saja harus dipotong lidahnya.

6.Kirim anak lewat pos

Tidak bisa dibayangkan, di amerika pada awal abad ke-20 membayar 15 sen untuk biaya mengirim anak lewat pos adalah sesuatu yang legal secara hukum. Beberapa orangtua mungkin bermaksud menghemat biaya mengantar anak ke kerabat. Terus kalau nangis dijalan gimana?

7.Kurungan bayi outdoor

Bayi-bayi di inggris mungkin tidak begitu mengenal rasa takut. pada tahun 1930-an kurungan bayi seperti diatas banyak digunakan dan dianggap wajar. Ngeri ya?

8.Kokain pernah dijual sebagai obat

Walaupun saat ini kokain termasuk dalam golongan obat-obatan terlarang, nyatanya dulu tidak demikian. Apa kalian tau obat yang digunakan orang terdahulu untuk mengatasi sakit gigi atau batuk? Kokain adalah jawabanya! Bahkan kita bisa mendapatkan kokain dengan mudah di toko-toko. Sekarang mungkin kita sudah masuk penjara kalau jual kokain. Serem ya?

sumber: https//today.line.me

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *