9 Benda ini Tidak Boleh Dipakai Bersama, Anak Kost wajib tau.

 

Pinjam-meminjam barang memang sudah jadi kebiasaan kita bersama, terlebih lagi untuk barang yang biasa dipakai sehari-hari. Memang sih tidak ada salahnya kalau kita dalam bergaul bersama teman dekat pergi nongkrong bersama, menginap dikost, di rumah teman atau liburan ke luar kota bersama. Namun yang perlu diingat adalah jangan sampai liburan kita malah menjadi awal dari penularan penyakit, mengapa demikian? Saking akrabnya kita dengan teman atau sahabat kita, kita kerap kali pinjam atau meminjamkan barang pribadi kita untuk dipakai teman atau dipakai bersama-sama. “sebuah penelitian menemukan fakta yang mungkin akan mengagetkan, sebuah tester atau sampel alat rias yang disediakan untuk dicoba di toko-toko besar mengandung bakteri e.coli, staphylococcus, dan streptococcus”. perpindahan bakteri tersebut diakibatkan dari tidak sterilnya tangan pemakai sampel, biasanya seseorang akan membawa bakteri tersebut dikarenakan kurang bersih dalam mencuci tangan sehabis buang air. Berikut adalah 9 alat atau benda yang tidak boleh kita pinjamkan

1. Handuk

Sudah menjadi keharusan bahwa kita semua harus menjaga kebersihan badan, cara paling sederhana adalah dengan mandi. Untuk menjaga badan tetap segar dan tidak menimbulkan bau, kita disarankan untuk mandi sekurang-kurangnya dua kali sehari. Mandi sangatlah penting terutama bagi kita yang punya segudang aktifitas setiap harinya. Banyak dari kita akan meminjam handuk dikarenakan lupa membawa sendiri saat bepergian bersama teman, mau tidak mau biasanya aktivitas pinjam meminjam handuk pun terjadi, dan penularan bakteri serta jamur sangat mudah terjadi dengan tanpa kita sadari.

2. Sikat gigi

Bisa kita bayangkan apa yang akan terjadi apabila sebuah sikat gigi dipakai lebih dari satu orang. Meskipun tidak terasa, kita tau bahwa mulut kita mengandung banyak bakteri. Kita tidak tau persis bakteri atau virus apa yang kita bawa di mulut kita. “sikat gigi yang digunakan lebih dari satu orang beresiko menularkan penyakit akibat infeksi bakteri ataupun virus,  Salah satunya adalah hepatitis C”. harga sikat gigi tidaklah mahal, namun seringkali saat liburan bersama teman, kita malas untuk keluar membelinya. Jangan sampai terjadi ya?

3. Earphone

Siapa yang suka mendengarkan musik dengan menggunakan earphone? Tidak hanya berfungsi untuk mendengarkan musik, earphone juga seringkali digunakan untuk menelfon pada saat berkendara atau berolahraga. Perlu kita ketahui juga bahwa telinga merupakan tempat yang banyak sekali ditinggali bakteri, dan bukan tidak mungkin bakteri-bakteri tersebut menempel pada earphone. Jangan pernah takut untuk dibilang pelit dalam hal meminjamkan earphone, karena bisa beresiko menularkan penyakit telinga yang dapat mengganggu pendengaran.

4. Alat cukur

Saat menjadi anak kost, pinjam meminjam pisau cukur telah menjadi sesuatu yang lumrah, bahkan satu alat cukur bisa dipakai beramai-ramai. Anak kost memang dikenal sebagai penghemat yang handal, seringkali dengan dalih menghemat uang mereka mengabaikan bahayanya pinjam atau meminjami alat cukur. Kita tidak tau apakah alat tersebut benar-benar bersih atau tidak, bisa saja diantara pemakainya ada yang kurang sehat dan terluka saat menggunakanya, dari bekas luka itulah resiko penularan penyakit bisa terjadi. “kulit yang terkelupas dan mengeluarkan darah merupakan resiko umum yang mungkin terjadi saat seseorang mencukur bulu, rambut, atau jenggot. Itulah sebabnya alat pencukur beresiko menyebarkan penyakit tertentu, seperti hepatitis B dan hepatitis C, jika digunakan bergantian dengan orang lain”

5. Gunting kuku

Sepertinya alat ini terlihat sepele dan kecil, namun dibalik itu gunting kuku sangat mungkin lho menularkan berbagai macam penyakit. Sebagaimana kita ketahui bersama gunting kuku sering digunakan bersama dalam satu rumah atau di lingkungan kost. Ujung kuku kita sangatlah mungkin menjadi tempat hinggapnya banyak bakteri yang beresiko menularkan penyakit kepada si peminjam.

6. Sisir

Menjaga kerapihan rambut adalah sesuatu yang sangat wajar dilakukan setiap hari, biasanya kita menyisir rambut setelah keramas atau sehabis mandi. Namun dibalik fungsinya sisir juga berpotensi membawa bakteri lho, sebaiknya jangan gunakan sisir secara bergantian ya.

7. Alat make up

Khusus wanita juga ada nih, alat yang musti kita waspadai berpotensi membawa bakteri dan menularkan penyakit. “konjungtivitis atau infeksi mata dapat dengan mudah menular melalui alat make-up yang dipakai bergantian. Bahkan kebiasaan meminjam pelembab bibir atau lipgloss milik sahabat dapat meningkatkan resiko tertularnya penyakit herpes labialis”

8. Sabun batangan

Memakai sabun batangan sudah menjadi hal lumrah di masyarakat kita, sabun batangan juga sangat berpotensi menjadi media penularan lho. Sebagai solusinya kita bisa mengganti pemakaian sabun batangan dengan sabun cair.

9. Alas kaki

Bergantian memakai sepatu atau sandal juga sudah menjadi hal biasa dalam satu lingkungan kost atau rumah. Tanpa kita sadari bergantian memakai sepatu atau alas kaki bukanlah kebiasaan yang baik, karena kaki sangat mungkin membawa banyak bakteri berbahaya yang penularannya mungkin tidak akan terasa. Sekarang pertimbangkan lagi ya apabila ingin meminjam alas kaki atau sepatu dari teman.

sumber : http://www.alodokter.com/8-benda-ini-tidak-boleh-kamu-pinjamkan-lagi

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *