Benda Tercepat di Bumi

Pencatatan rekor kecepatan merupakan hal yang selalu seru untuk dibahas. Berbagai perusahaan otomotif telah mencatatkan produknya sebagai yang tercepat. Seiring berlalunya waktu, rekor baru terus terpecahkan seakan tidak pernah berujung. Berikut merupakan benda penakluk rekor kecepatan di bumi yang belum terkalahkan hingga artikel ini terbit.

Prigrine Falcon
Di dalam negeri hewan ini biasa disebut dengan Alap-alap Kawah. Burung inu merupakan salah satu spesies alap-alap berukuran besar, dengan panjang sekitar 50 cm. Burung ini memiliki bulu berwarna hitam, kelabu dan biru, berparuh kuning besar dengan ujung hitam lancip dan berekor pendek. Dada dan perut berwarna putih dengan garis-garis hitam. Perbedaan jantan dan betina biasanya pada ukuran paruh betina yang lebih besar dari burung jantan.

Alap-alap kawah biasanya memangsa burung berukuran sedang, seperti merpati, jalak, nuri dan ayam. Burung-burung ini diburu biasanya pada waktu sedang terbang. Alap-alap ini juga memangsa hewan-hewan darat lain, seperti kadal, kelinci, kelelawar, dan ikan.

Burung ini dikenal sebagai salah satu makhluk tercepat di dunia. Pada waktu terbang mengejar mangsanya, burung ini dapat mencapai kecepatan lebih dari 310 km/jam. tercatat hampir mencapai 390 km di Universitas Groningen Belanda dan Universitas Oxford di Inggris menggunakan alat simulasi 3D pada penelitian di tahun 2018.

Bugatti Chiron
Adalah mobil produksi umum dengan kecepatan tertinggi di dunia kecepatannya mencapai 304 mph atau 489,2 km/jam pencapauan angka tersebut di dapat di lintasan Ehra-Lessein, Jerman pada Agutus 2019 yang Dikendarai Andy Wallace. Di antara pabrikan mobil yang mengklaim berkecepatan 300 mph, Bugatti adalah satu-satunya yang benar-benar membuktikan mampu melewati batas kecepatan tersebut.

Bugatti Chiron merupakan hypercar bermesin tengah dengan dua tempat duduk yang dikembangkan dan diproduksi oleh Bugatti Automobiles SAS Molsheim Prancis. Chiron pertama kali ditampilkan di Geneva Motor Show pada 1 Maret 2016 dan dikenal sebagai penerus Bugatti Veyron.

Spirit of AustraliaSpirit of Australia merupakan sebutan untuk perahu atau kapal speedboat yang merupakan kapal tercepat yang ada di dunia. Speedboat ini dirancang langsung di belakang rumah penemunya, Ken Warby. Spirit of Australia dipajang dalam Australian maritime Museum di sidney.

Spirit of Australia adalah Speedboat dari kayu yang dibangun di sebuah halaman belakang oleh Ken Warby. yang memecahkan dan menetapkan rekor kecepatan air dunia pada 8 Oktober 1978.

Konon hingga sampai artikel ini ditulis rekor kecepatan untuk sebuah speedboat kayu belum terlampaui. Lecepatan puncak yang dicapai adalah 511.11 km/jam atau 317.59 mph. Dibekali mesin jet westinghouse J34 yang merupakan mesin pesawat tempur tahun 1940 an yang diproduksi oleh Eestinghouse Electric Company.

Shanghai Maglev
Salah satu kereta cepat dari China mencatatkan dirinya sebagai kereta tercepat di dunia. Shangai Maglev adalah sebutan untuk lereta ini, teknologi pada Shanghai Maglev menggunakan teknologi levitasi magnet untuk melaju. Kereta ini beroperasi di Bandara Pudong Shanghai menuju Stasiun Metro Longyang di pinggiran kota Shanghai. Hanya butuh waktu tujuh menit saja untuk menempuh jarak kedua tempat tersebut.

Wajar saja, saat menempuh rute itu, kereta ini melaju dengan kecepatan 400 km/jam. Untuk jarak sejauh 177 mil hanya diperlukan 40 menit saja untuk menempuhnya.

Formula Rossa
Wahana roller coaster bernama Formula Rossa menjadi permainan roller coaster yang tercepat di dunia. Dengan mengaplikasikan sistem hidrolik menjadikan roller coaster ini hanya membutuhkan lima detik saja untuk mencapai 200 km/jam.

Selama menaiki roller coaster berdesain Ferrari ini, penumpang disarankan untuk memakai sabuk pengaman serta memakai kacamata pelindung. Hal itu untuk menghindari hal-hal seperti benturan udara maupun seranga saat beroperasi dengan kecepatan tinggi.

Ceetah
Hewan yang satu ini memang dikenal dengan kecepatannya yang melegenda. Hewan ini merupakan anggota keluarga kucing (Felidae) yang berburu mangsa tanpa menggunaka taktik, namun lebih kepada kecepatan.

Predikat sebagai hewan yang tercepat di antara hewan darat lain memang layak didapat. Seekor Ceetah dapat mencapai kecepatan 110 km/jam dalam waktu singkat sampai 460 m, akselerasi 0 – 100 km/jam dicapai dalam waktu 3,5 detik, lebih cepat dari beberapa mobil balap.

Hewan cerdas ini diberi kemampuannya mendeteksi hewan yang lemah. Alih-alih menerkam seperti singa atau harimau, ceetah melumpuhkan targetnya dengan sentuhan kecil di kaki belakang korban yang sedang berlari kencang. Saat korban jatuh, citah kemudian menerkam tengkuk mangsa hingga tidak dapat bernafas.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *