Efek Positif Dari WFH (Work From Home)

Salah satu upaya pemerintah dalam menekan perkembangan atau laju angka penularan COVID19 adalah dengan diberlakukan Work From Home atau WFH. cara ini diyakini sebagai cara yang cukup ampuh untuk mendukung potensi penyebaran virus di tempat kerja, baik di perkantoran maupun di pabrik-pabrik. Meskipun demikian, masih sangat banyak tempat-tempat usaha yang masih mempekerjakan para pegawainya secara normal seperti biasa, diantaranya adalah perusahaan jasa pelayanan dan retail. Terlepas dari hal itu, Berikut adalah manfaat yang bisa kita ambil dari program Work From Home:

  1. Lebih nyaman untuk bekerja

Bagaimanapun bekerja dirumah sendiri pasti lebih santai suasananya. Banyak dari perusahaan terkemuka sebetulnya sudah mulai memikirkan hal ini, perusahaan-perusahaan ini mendesain tempat kerja atau kantor mereka dengan desain yang membuat pegawainya seakan-akan sedang di rumah sendiri atau sedang berlibur, seperti menyediakan pantry dengan tempat isrtirahat sekaligus, longue, ftempat gym, atau sekedar meja pingpong untuk melepas penat para pekerjanya. WFH membuat semua suasana kerja jauh lebih relah daripada di kantor. Walau bagaimanapun rumah adalah tempat yang paling santai dan paling sering mendatangkan inspirasi produktif. Ketika menjalani WFH kita bisa bekerja dengan cara paling bebas yang kita suka sehigga membuat kita lebih santai dan produktif.

  1. Lebih hemat

Work From Home secara langsung berdampak pada pengeluaran kita, tidak hanya pengeluaran dari segi finansial tapi jaga tenaga. Kita tentu tau persis kegiatan kita setiap hari sebelum bekerja, semuanya akan berubah dari mulai aktivitas kecil sampai aktivitas kerja itu sendiri. Dari  yang biasanya mandi pagi buta agar tidak kesiangan kereta, atau menghindari macet apabila pakai kendaraan sendiri. Hemat dalam hal ini juga meliputi biaya dan waktu perjalanan kerja, biaya BBM kendaraan dan uang jajan yang setiap hari kita keluarkan juga bisa di hemat dengan adanya Work From Home.

  1. Waktu yang seimbang

Tuntutan dan rutinitas kerja seringkali menyita waktu untuk sekedar me-time atau berkumpul bersama keluarga. Banyaknya tuntutan pekerjaan memaksa sebagian orang kehilangan keseimbangan antara waktu pribadi atau waktu kerja. Dengan WFH atau bekerja dari rumah, seorang pekerja bisa dengan mudah membagi waktu secara maksimal antara mengerjakan tugas atau deadline dari kantor tanpa terpotong waktu di perjalanan. Dan sangat mungkin berdampak baik bagi produktivitas seorang pekerja.

  1. Bebas menentukan suasana kerja

Dengan kebijakan bekerja dirumah, diharapkan pekerja dan perusahaan sama-sama mendapat dampak yang positif. Bekerja dari rumah memungkinkan seorang pekerja dapat mengatur sendiri ritme dan suasana kerja terbaik, dengan demikian kemungkinan mendapat hasil pekerjaan yang maksimal pun lebih banyak, dan ini menjadi sesuatu yang menguntungkan bagi perusahaan.

  1. Lebih sehat

Kalau biasanya seorang pekerja tidak dapat melakukan olah raga di pagi hari, maka dengan adanya Work From Home ini seorang pekerja mempunyai waktu ber olahraga dan beristirahat yang lebih banyak setiap harinya. Dengan ber olahraga di pagi hari sesaat sebelum bekerja akan membuat tubuh dan pikiran lebih fresh, sehingga membangkitkan semangat untuk bekerja seharian. Hal ini juga berlaku pada waktu istirahat, seseorang bisa mendapatkan waktu istirahat yang lebih banyak karena tidak perlu terpotong waktu pulang kerja, apalagi bagi kita yang bekerja di kota besar yang sibuk dan macet.

  1. Melatih kedisiplinan

Disiplin merupakan ciri sekaligus syarat suksesnya seorang pekerja. Dengan bekerja dari rumah kita bisa belajar menghargai waktu, deadline yang diberikan perusahaan kepada kita merupakan tanggung jawab kita sebagai karyawan. Apabila disiplin dan tepat waktu dalam melakukan pekerjaan kita, tentu akan berdampak baik bagi perusahaan dan tidak menutup kemungkinan bagi karir kita sebagai pekerja. Ditambah lagi dengan bebasnya kita mengatur waktu dan suasana kerja dirumah, semakin membuat kita nyaman dan fokus dengan target dan deadline yang telah menjadi tanggung jawab kita sebagai seorang pekerja.

Berbagai efek positif diatas akan dapat kita rasakan selama menjalani Work From Home. Jangan lupa mengkonsumsi berbagai makanan bergizi agar tetap sehat dan produktif.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *