Gaya Hidup Miliarder yang Dapat Kita Tiru dari Sekarang

Tidak banyak yang bisa menebak bagaimana para miliarder sukses menjalani kehidupan sehari-hari. Mereka yang sukses tentu saja memiliki pola berfikir dan gaya hidup yang berbeda dengan orang biasa. Kami sedikit mengamati dari cara mereka bersosialisasi, berpakaian, dan menentukan sikap didalam menjalani hari-hari mereka.

Kita semua tau beberapa orang seperti mengendalikan roda keuangan dunia dengan sistem yang tanpa kita sadari telah kita ikuti. Ternyata bukan hanya kekayaan dalam bentuk nominal atau uang saja, melainkan sesuatu yang kita bahkan sulit untuk mengungkapkan apa istilahnya, yang sebetulnya bukan sesuatu yang asing bagi kita, bahkan sehari-hari kita rasakan manfaatnya.

Ternyata bisa pelan-pelan kita sadari bahwa tidak terasa apabila kita memberikan manfaat bagi orang lain, maka feedback positifpun akan kita dapatkan, dari mulai ucapan terimakasih yang sangat sederhana sampai pundi penghasilan yang bisa terbuka secara otomatis tanpa kita sadari.

Mari kita kupas sedikit mengenai prilaku yang orang kaya atau miliarder lakukan, agar dapat menjadi sesuatu yang dapat kita renungkan dan pelajari bersama.

  1. Menyimpan sekaligus mengembangkan
    Yang kami maksud disini adalah mengolah uang atau harta. Kita bisa mulai dari yang paling sederhana, harta yang telah kita sisihkan sebagai simpanan bisa kita simpan sekaligus kita pelihara nilainya, minimal dijaga jumlah nilai tukarnya agar tidak terjadi penurunan nilai dikemudian hari. Salah satu caranya adalah membangun penghasilan pasif tambahan dari tabungan, hal ini menjadi gaya hidup orang kaya dalam meperlakukan harta yang simpanan. Hal yang paling mudah adalah menginvestasikan harta pada produk atau barang yang kuat atau tahan goncangan inflasi seperti tanah atau bangunan yang kemudian dapat disewakan, emas yang dapat dijual ketika harga sedang naik, atau mobil untuk disewakan kepada orang atau instansi lain.   
  2. Update dan berkembang
    Dari waktu ke waktu, kesempatan, keadaan, cara berkomunikasi, dan bergaul selalu mengikuti tren yang dinamis. Orang kaya atau pengusaha yang ingin berkembang akan selalu membuat terobosan yang update yang akan menghasilkan manfaat bagi orang banyak sekaligus mendapat income dari inovasi tersebut. Sebagai contoh, gaya berbelanja konvensional dirasa terlalu memakan waktu dan dirasa kurang praktis, orang-orang sukses cenderung akan mencari ide atau cara sebagai solusi bagaimana agar semua transaksi dilakukan dengan sangat sedikit menyita waktu dan tenaga. Akhirnya kini cara berbelanja online telah menjadi solusi bagi siapapun yang bahkan tidak punya waktu untuk keluar rumah walau sebentar. Yang perlu diingat adalah sebaik-baik orang adalah mereka yang mendatangkan manfaat bagi orang lain. Dan tanpa kita sadari yang kita lakukan adalah menjual solusi. Menjual berarti mendapatkan keuntungan.                                                                   
  3. Sederhana dan tidak konsumtif
    Mark Zuckerberg yang merupakan pengusaha kaya sekaligus pendiri jejaring sosial Facebook, kini memiliki kekayaan yang mencapai sekitar 86.5 miliar USD, dan merupakan salah seorang pengusaha terkaya di dunia yang sangat sering terlihat menggunakan pakaian casualnya. Gaya hidup yang di anut Mark Zuckerberg bisa kita contoh sebagai gaya hidup orang yang benar-benar kaya. Diketahui dalam beberapa kesempatan Mark hanya menggunakan T shirt dan Jeans layaknya orang biasa, walaupun dengan hartanya dia bisa membeli beberapa setel pakaian mahal berikut pabriknya. Ini membuktikan bahwa membeli sesuatu yang kita butuhkan lebih baik dari sekedar membeli apa yang kita inginkan, karena bisa jadi kita tidak punya batas untuk sebuah keinginan dan kepuasan.
  4. Menjaga kepercayaan dan hubungan baik
    Untuk membangun sebuah jaringan, diperlukan kepercayaan didalamnya. Menjaga reputasi diri dan badan usaha yang kita miliki menjadi sesuatu yang mutlak kita lakukan. Apabila seseorang telah merasa nyaman dan percaya pada kita, maka ini akan menjadi sesuatu yang menguntungkan, dimana reputasi kita akan dapat didengar semua orang walaupun lewat hal yang sangat sederhana seperti dari “mulut ke mulut” atau testimoni di sosial media. Bagaimanapun Kejujuran merupakan modal pokok bagi seorang pengusaha. Walaupun ini terdengar begitu naif.

Empat hal yang telah kami tulis di atas merupakan opini pribadi kami. Kami merasa perlu untuk menyampaikan ini karena maraknya gaya hidup konsumtif yang dijalankan oleh orang sekitar kita, yang bisa berpotensi menjadi sesuatu yang merugikan dikemudian hari. Yang terpenting dari ke empat hal tersebut adalah kepercayaan diri dan keyakinan kita. Hal yang paling sederhana di dalam membangun kepercayaan diri dan keyakinan adalah dengan berdoa, berusaha secara maksimal, dan mencoba untuk menikmati proses

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *