Yuk Intip Semua Mobil Kepresidenan Dari Era Soekarno Sampai Jokowi

Dunia otomotif kini sedang menjadi arena persaingan para produsen kendaraan bermotor. Perkembangan tidak hanya terjadi pada mobil produksi masal. Pada mobil dinas Kepresidenan juga mengalami hal yang sama. Oleh karenanya, ini adalah perkembangan mobil dinas Kepresidenan dari bung Karno sampai ke joko widodo.

Buick 8
Mobil keperesidenan pertama milik Republik Indonesia ini merupakan salah satu bukti perpindahan kekuasaan dari bangsa jepang kepada Republik Indonesia. Karena pada waktu itu Indonesia adalah bangsa yang baru berdiri dan merdeka. Pada masanya Buick 8 adalah mobil kepresidenan yang sempurna untuk seorang pemimpin negara. Suara mesin yang halus dan bertenaga, kabin luas, kenyamanan premium, dan terpisahnya kapin driver dengan penumpang merupakan fitur sempurna untuk sebuah mobil kepresidenan pada waktu itu.

Mobil ini didapat dari usaha seorang pemuda aktifis Menteng 31 yakni Sudiro, yang mana sudiro menemui seseorang yang merupakan supir dari seorang Jepang yang merupakan pejabat Djawatan Kereta Api yang dulu memakai mobil ini sebagai kendaraan dinas. Ditebus dari supirnya dengan uang senilai Rp.300,- Sudiro kemudian menyerahkan mobil ini untuk dikendarai sebagai kendaraan kepresidenan di awal masa berdaulatnya Republik Indonesia.

Chrysler Windsor
Setelah Buick 8, Presiden Soekarno juga memiliki Mobil kepresidenan lain. Diketahui mobil ini dulunya merupakan kendaraan dinas milik Jenderal Soedirman. Chryler Windsor merupakan kendaraan dinas kedua milik Presiden Soekarno sewaktu memimpin Republik ini bersama Bung Hatta.

Sama dengan Buick 8, mobil berwarna coklat muda ini juga merupakan mobil buatan Amerika Serikat, yang pernah digunakan Oleh Presiden Soekarno bersama Wakil Presiden Muhammad Hatta untuk menghadiri Konverensi Asia Afrika tahun 1955 di Bandung.

Chrysler Imperial
Mobil yang satu ini juga merupakan mobil yang sangat spesial. Mobil ini merupakan hadiah atau pemberian dari Raja Arab Saudi yakni Raja Saud bin Abdul Aziz. Mobil ini sangat mendominasi atau menonjol pada dekade awal pasca kemerdekaan Republik Indonesia.

Yang menarik dari mobil ini adalah kisah ketika suatu hari mobil yang digunakan untuk menjemput anak-anak presiden Soekarno yang mana salah satunya adalah Megawati Soekarnoputri pulang sekolah dari perguruan cikini ini dilempar granat oleh orang tak dikenal dan menyisakan bekas cacat di Bodi sebelah kiri dan juga kaca belakang pada tahun 1957. Hingga kini cacat tersebut dibiarkan tetap ada agar dapat diingat sebagai sejarah.

GAZ M13A Chaika
Pada suatu hari pemimpin Uni Soviet Nikita Khrushchev berkunjung ke Istana Bogor, saat itu Presiden Sukarno mengatakan kalau salah satu WC di Istana Bogor rusak. Pada 6 Juli 1961, Nikita Khrushchev kemudian mengirimkan 1 toilet beserta sebuah mobil GAZ M13 Chaika Limousine berwarna hitam yang kemudian menjadi mobil kepresidenan.

Hubungan Uni Soviet dan Indonesia di era 60an memang sangat baik, Uni Soviet menganggap bahwa Indonesia adalah negara baru yang berpengaruh di Asia. GAZ M13A Chaika yang dipakai Presiden Soekarno merupakan mobil kepresidenan kedua yang dibuat oleh GAZ. Mobil pertama dipakai sebagai mobil dinas Nikita Khrushchev. Bisa disimpulkan Hubungan antara Nikita Khrushchev dan Soekarno amatlah dekat.

Cadillac Fleetwood 75 Limousine
Cadillac ini jelas spesial karena termasuk Presedential Series, sehingga tidak diproduksi untuk massal. Mobil ini diproduksi tahun 1964 dan merupakan pemberian dari mantan Presiden Amerika Serikat, John F. Kennedy. Mobil dengan desain panjang dan lebar ini juda dilengkapi dengan sudut-sudut di berbagai sisinya, yang menandakan mobil khas Amerika.

Hubungan antara Indonesia dan Amerika Serikat yang sempat menjauh kembali akrab saat pemerintahan Kennedy. Dan Cadillac Fleetwood 75 ini merupakan simbol keakraban Kennedy dan Soekarno. Selain itu, Amerika Serikat juga banyak sekali memberikan bantuan. Cadillac Fleetwood ini lebih difungsikan sebagai mobil kenegaraan, seperti untuk menjemput tamu negara atau acara-acara resmi.Cadillac DeVille 70 Fleetwood limousine

Cadillac DeVille 70 Fleetwood Limousine

Lain jaman Bung karno, lain pula jaman Pak Harto. Memasuki era orde baru meninggalkan orde lama, dengan berbagai perubahan, namun sepertinya Sekretariat Negara masih belum bisa pindah ke lain hati dari mobil buatan Amerika Serikat untuk kendaraan dinas Kepresidenan.

Mungkin karena alasan politis, Soeharto yang saat itu baru dilantik langsung mengganti kendaraan kedinasannya. Adalah Cadillac DeVille 70 Fleetwood limousine, mobil ini ditugaskan selama 5 tahun dari 1966 sampai 1971. Untuk mesin, digunakan mesin 7025cc OHV V8. Untuk urusan interior Pak harto punya selera sendiri, beliau meminta di dalam mobil dinas agar dilapisi dengan kulit dan suede bercorak unik.

Mercedes Benz 500SEL Limousine
Di pertengahan tahun 80an, Mentri Sekertariat Negara membeli Mercedes-Benz W126 500SEL limousine keluaran tahun 1987 sebagai mobil kepresidenan. Selain untuk kendaraan dinas presiden, wakil presiden saat itu mulai dari Sudharmono hingga Tri Sutrisno juga mendapat mobil dinas yang sama. Jika mobil RI 1 bertipe limousine, wakilnya saat itu menggunakan Mercedes-Benz 500SEL sedan empat pintu.

Sekretariat negara akhirnya berpaling ke brand asal Jerman Barat bernama Mercedes-Benz. mobil ini juga dibekali dengan berbagai piranti keselamatan tingkat tinggi seperti bulletproof glass dan armored body panels atau panel body pelindung. Untuk urusan keamanan mobil kepresidenan ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Bahkan mobil serupa juga digunakan oleh Ratu Elizabeth II dan presiden Amerika Bill Clinton.

Mercedes Benz S600 1994
Masih dari Mercedes benz, pada tahun 1995 Presiden Soeharto mengganti mobil dinasnya untuk kesekian kalinya. Untuk urusan fitur tentu lebih canggih dari generasi sebelumnya, mulai dari lapisan baja anti peluru pada body dan kaca anti peluru setebal 3 inch.

Setelah Presiden Soeharto mundur dari posisinya mobil kepresidenan ini masih beroperasi atau digunakan sebagai kendaraan dinas kepresidenan oleh presiden B.J Habibie, Gus Dur, Megawati Soekarnoputri dan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono pada periode pertamanya menjabat.

Mercedes Benz S600L W221
Pada periode kedua menjabat Presiden SBY kemudian mengganti mobil kepresidenan dengan Mercy S600L keluaran tahun 2008.

Sejumlah fitur canggih yang kekinian seperti WiFi internet, Climate control, Individual Monitor, tabung gas oksiden untuk menghadapi serangan gas beracun, yang paling menarik dari mobil ini adalah dia mampu menahan serpihan bom dan menahan tembakan senapan. Saat ini mobil ini masih sering bersliweran di Ibu kota.

Mercedez Benz S600 Pullman Guard
Mobil ini adalah mobil kepresidenan yang kini biasa digunakan oleh Presiden Jokowi untuk melaksanakan tugas-tugas kenegaraannya. Bukan sekedar mobil mewah biasa, mobil ini dilengkapi fitur keselamatan salah satu yang terbaik di dunia.

Mobil ini dibuat dengan material anti peluru, yang bisa menahan tembakan ringan. Granat tangan, serpihan bom, ledakan bom ringan. Bahkan konon ketika sedan ini mengalami keocoran atau pecah ban, kendaraan ini masih tetap bisa berjalan sejauh 60km. Terdapat juga sistem pemadam kebakaran otomatis yang dapat mengunci kebakaran. Tidak hanya itu Mobil ini juga dilengkapi dengan pengaturan udara segar pada kondisi jalan tertentu dan juga panic alarm apabila terjadi ancaman gangguan keamanan.

 

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *