Kematian Bisa Terjadi Karena Kelelahan

ilustrasi kelelahan

Rasa lelah adalah hal yang sudah rutin kita rasakan, merasakan lelah dikala bekerja juga merupakan hal yang lumrah yang setiap hari kita rasakan. Namun belakangan telah banyak dikabarkan oleh berbagai media tentang kematian mendadak yang disebabkan oleh faktor kelelahan. Beberapa orang artis, musisi, politisi, dan juga team medis yang sedang berjuang di garda terdepan penanggulangan COVID19 juga tidak luput dari kematian mendadak.

Kita tentu masih ingat betul, mengenai peristiwa banyaknya petugas KPPS yang mengalami kematian mendadak, tepatnya pada tahun 2019 lalu kala diadakan pemilu serentak se indonesia. Tidak hanya itu beberapa orang politisi negeri ini juga pernah mengalami peristiwa ini. Sebut saja Adjie massaid, beliau dikenal sebagai orang yang sangat menjaga kebugaran tubuhnya, bahkan malam hari sebelum meninggal beliau diberitakan masih bermain futsal. Dari situ kita bisa belajar banyak hal agar tidak terjadi hal serupa pada tubuh kita, gaya hidup disebut sebagai faktor yang banyak berperan dalam ikhtiar kita menjaga kesehatan.

Kenali diri sendiri

Kita sebenarnya tau persis kapan harus beristirahat dari aktifitas yang padat, namun padatnya pekerjaan dan banyaknya target yang harus dicapai membuat kita mengabaikan hal tersebut. Sering kali kita merasa masih mampu untuk mengerjakan suatu pekerjaan tanpa istirahat yang cukup, untuk sekali atau dua kali saja mungkin tubuh masih toleran, namun jika terlalu sering tubuh akan mengalami kelelahan karena kurangnya istirahat.

Menurut beberapa sumber Hal ini berpotensi meningkatkan resiko penyakit jantung, apalagi bagi mereka yang mengalami riwayat penyakit serupa sebelumnya. Oleh sebab itu kita harus mengerti batasan kekuatan atau kapasitas badan kita, sebab sering kali kita menyamakan kekuatan fisik kita dengan orang lain.

Hubungan antara kematian dan kelelahan

Bekerja terlalu lama atau terlalu keras akan berakibat pada stress dengan tingkatan yang tinggi. Saat mengalami stres jantung akan bekerja lebih keras, dikutip dari kompas.com “dilansir dari laman time, dr.Alan yeung, direktur medis di stanford cardiovascular health, mengatakan bahwa seseorang dengan tingkat stres yang tinggi akan mengalami peningkatan irama jantung dan tekanan darah”.

Walaupun tidak ada kaitan langsung antara kelelahan dan penyakit jantung, namun para peneliti menjelaskan bahwa saat stres tubuh kita memproduksi hormon kortisol dan epinephrine. Ketika kedua hormon tersebut diproduksi, potensi masalah jantung pada mereka yang bekerja lembur atau berlebih dapat meningkat.

Apa itu kelelahan kronis?

Cukup sulit mendeteksi apakah kita menderita kelelahan kronis atau tidak. Ini disebabkan karena rasa lelah adalah sesuatu yang biasa kita rasakan setiap hari. Apalagi tidak ada alat yang mungkin dapat kita gunakan untuk deteksi dini tanda kelelahan kronis. Beberapa tanda umum berikut ini mungkin akan sedikit membantu mendeteksi kelelahan kronis yang kita alami.

daya pikir menurun. Apakah pernah mengalami sulit berfikir? sulit memahami tulisan, atau sulit mengingat? Bisa jadi itu adalah tanda kita mengalami kelelahan yang berlebih atau mungkin kronis.

Mudah tumbang. Pernahkah kita merasa kelelahan hanya karena melakukan aktivitas ringan? Apabila iya mungkin kita sedang mengalami sindrom kelelahan kronis.

Merasa lelah dalam waktu yang panjang. Apakah diantara kita ada yang pernah merasakan kelelahan yang berlangsung lama? Kelelahan dalam waktu beberapa hari patut dicurigai merupakan tanda dari sindrom kelelahan kronis.

Rasa lelah susah hilang. Rasa lelah tidak hilang walaupun telah beristirahat semalaman? Bisa jadi itu merupakan pertanda kita mengalami sindrom kelelahan kronis. Ini ditandai dengan perasaan lelah atau lemas saat bangun tidur, dan rasanya malas untuk beranjak dari tempat tidur. Segera konsultasikan ke dokter apabila ini terjadi.

Sebisa mungkin hindari stres

Walaupun kelelahan tidak menimbulkan kematian secara langsung, sebaiknya kita tidak menganggap remeh terhadap rasa lelah. Ditengah sibuknya beraktivitas dan bekerja usahakan selalu menghindari kejenuhan, hal paling sederhana adalah bangkit dari kursi kerja untuk sekedar berjalan keluar ruangan untuk menghirup udara bebas, atau sekedar menyeduh minuman rendah gula yang hangat.

Usahakan juga agar kita selalu teratur atau rutin minum air mineral disela kesibukan, camilan sehat seperti buah segar juga sangat baik dikonsumsi. Usahakan cukup istirahat, kurangi konsumsi kafein, dan berolahraga dikala libur. Jangan lupa mengobrol atau sekedar bercanda dengan rekan kerja ataupun keluarga. Kontrol dengan baik apabila kita mempunyai riwayat penyakit jantung, hipertensi, diabetes dan juga kolesterol.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *