Kenali Jenis Sepeda Sebelum Membeli (part III)

Setelah sebelumnya telah kami ulas mengenai sepeda jenis RB dan MTB atau Road Bike dan Mountain Bike. Kini kami akan coba ulas sedikit mengenai jenis sepeda dari yang sangat umum seperti city bike, Sampai yang jarang kita jumpai dijalan seperti Fat Bike, sepeda Tandem dan sepeda khusus lainnya. Mudah-mudahan dapat menjadi acuan sebelum memilih atau membeli sebuah sepeda. Berikut ulasannya:

Touring bike
Sepeda ini dibuat dengan geometri dan bahan khusus yang memungkinkan pengendara sepeda jarak jauh tetap dapat menikmati kenyamanan sepeda. Rata-rata bentuk frame sepeda ini mirip atau serupa dengan sepeda hybrid. Sebagaimana telah kami ulas sebelumnya, sepeda hybrid adalah jenis sepeda ternyaman dibandingkan jenis yang lain. Namun tidak jarang banyak yang memodifikasi sepeda MTB atau RB menjadi sepeda touring. Sebagaimana jenis atau namanya, sepeda ini adalah sepeda yang digunakan untuk perjalanan jauh atau lama, yang mencolok pada sepeda Touring adalah terdapat rack atau pannier atau tempat untuk menyematkan tas sebagai wadah keperluan kita selama touring. Untuk harga sangat bervariasi, ada yang terjangkau namun ada pula yang djual sampai diatas 50 jt an. Harga sangat bervariasi juga dapat berubah sewaktu-waktu. Mudah-mudahan bisa menjadi acuan saat akan membeli sepeda jenis ini sesuai harga yang diinginkan.

Sepeda Tandem
Sepeda tandem adalah sepeda yang dapat dipergunakan untuk 2 orang pesepeda sekaligus. Sepeda ini biasanya digunakan untuk berlibur dan bersantai bersama pasangan. yang unik dari sepeda ini adalah pembonceng dapat ikut mengayuh sepeda. Sepeda ini biasanya dipakai di jalan pesisir atau di perkotaan saat sedang menikmati Car Free Day di akhir pekan. Harga sepeda ini cukup terjangkau untuk merek lokal. Sepeda ini sangat cocok untuk keluarga yang biasa bersepeda bersama, tidak ada salahnya membeli sepeda jenis ini.

BMX
Bisa dibilang BMX juga merupakan salah satu jenis sepeda terpopuler di dunia selain MTB dan City Bike. Bahkan bisa dikatakan Setiap anak laki-laki di manapun pernah punya sepeda BMX sewaktu kecil. Sebetulnya BMX merupakan sepeda yang digunakan untuk permainan-permainan atraktif yang dilakukan para freestyler baik di arena freestyle yang ekstrim, maupun di jalan-jalan layaknya papan skate dan sepatu roda. Bentuknya yang kecil dengan ukuran rims 20″ dan sadel yang pendek membuat sepeda ini tidak dapat digunakan untuk perjalanan jauh, dan karenanya juga sepeda jenis ini disukai oleh hampir semua anak laki-laki dikarenakan mempunyai bentuk sederhana, rigid, kompak, dan kuat. Mengenai harga sangat bervariasi, mulai dari 1 jutaan dengan rangka besi hi-ten, sampai dengan harga belasan juta berbahan chromoly untuk sepeda impor bermerek. Mudah-mudahan dapat menjadi sedikit pengetahuan sebelum membeli sepeda sesuai kebutuhan.

City Bike
Sepeda ini sering dipakai para ibu untuk sekedar berbelanja sayur ke pasar. Sepeda ini juga merupakan sepeda yang sangat umum dipakai di tanah air bahkan diseluruh belahan dunia. Di Jepang sangat mudah dijumpai sepeda jenis ini dipakai oleh hampir seluruh lapisan masyarakat. Tidak hanya sebagai alat transportasi yang ramah lingkungan sampai ramah kantong, sepeda ini juga bisa digunakan untuk sekedar berolahraga ringan atau refreshing dengan berkeliling kompleks atau sekitaran rumah. Sepeda ini biasanya berharga terjangkau, berbahan frame besi.dan memiliki kekuatan serta durability yang lama. Semoga dapat bermanfaat sebelum membeli sepeda ini.

Fat Bike
Fat bike bukanlah sepeda yang umum yang akan kita jumpai di jalan seperti sepeda jenis yang lain. Atau dalam kata lain sepeda ini adalah sepeda khusus, yang pemakaiannya biasanya tidak disembarang tempat. Sepeda ini pada umumnya memilik frame dengan model yang mirip seperti MTB namun dilengkapi dengan ban gambot ber tekstur kasar. Sebelum membeli, sebaiknya perhatikan fungsi atau kegunaan sepeda jenis ini. Sepeda ini diperuntukkan dipakai di medan berpasir seperti pantai, atau bersalju ketika musim salju tiba. Untuk produk lokal sepeda jenis ini dibanderol dengan harga yang relatif terjangkau, namun sepeda ini cukup mahal untuk merek premiumnya.

Sepeda Lipat
Seperti kita ketahui bersama kini sepeda Lipat sedang banyak digandrungi oleh pengguna sepeda di Tanah air. Sebagai informasi sebelum membeli, jenis sepeda ini merupakan sepeda yang diperuntukkan bagi mereka yang suka berpergian atau traveling ke luar kota, namun ingin tetap menjaga kebiasaan sehatnya bersepeda di kota tujuan. Bentuknya yang kecil dan bisa dilipat membuat sepeda ini sangat praktis ketika dibawa kemana-mana serta tidak memakan space besar ketika dibawa menggunakan kendaraan umum seperti bus, kapal laut, pesawat, dan kereta api. Mengenai harga sangat variatif dari yang murah sampai yang mahal, dari yang berbahan besi sampai karbon dan titanium.

Semoga artikel di atas dapat memberikan sedikit gambaran bagi siapapun yang ingin memulai hobi bersepeda, selain itu catatan singkat diatas juga dapat dimanfaatkan sebagai sedikit gambaran mengenai sepeda sebelum membeli. Salam gowes.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *