Kenali Jenis Sepeda Sebelum Membeli (part I)

Kalau di artikel sebelumnya kami telah membahas manfaat bersepeda untuk kesehatan, kali ini kami akan coba tulis tentang macam-macam sepeda dan serba-serbinya. Sebelum ke pembahasan inti, perlu diketahui bahwa sepeda dapat dikategorikan menjadi 2 jenis sepeda. Yakni sepeda sebagai transportasi, atau sepeda sebagai alat olahraga. Hal ini dirasa perlu diterangkan di awal pembahasan dikarenakan untuk saat ini masih banyak yang belum mengerti kenapa harga sepeda berbeda-beda padahal sama-sama digowes. Disclaimer: ini adalah murni opini pribadi kami, dengan ini kami berharap semoga bisa membantu bagi mereka yang akan membeli, memilih atau memulai olahraga bersepeda, atau sekedar membeli sepeda untuk merubah gaya hidup menjadi lebih sehat.

Sepeda jalan raya atau Road Bike

Road bike sering kali dipilih oleh mereka yang suka bersepeda di jalan halus atau ber aspal, road bike juga dibagi menjadi beberapa sub kategori, seperti racing atau balap, endurance atau sepeda balap jarak jauh, cyclocros atau sepeda balap yang juga bisa digunakan di jalan berkerikil dan tanah, dan juga fixie atau sepeda balap single speed. Berbagai ragam road bike ini seringkali membuat kita kesulitan membedakan fungsi dari sepeda-sepeda roadbike tersebut.

Racing Road Bike: Sepeda ini betul-betul diperuntukkan untuk kecepatan, ciri mencoloknya adalah rendahnya headtube yang membuat pengendara benar-benar dalam posisi bersepeda horisontal yang membentuk posisi paling aerodinamis dalam bersepeda. Pada masa modern seperti sekarang sepeda jenis ini biasanya didukung dengan bobot yang sangat ringan, bahan frame yang digunakan juga bervariasi, mulai dari Alloy, Carbon, sampai titanium. Ada banyak sekali model dan merek dengan harga bervariasi yang ditawarkan dipasaran, dari mulai merek lokal sampai impor.

Endurance Road Bike: Dengan bentuk ban dan bobot yang begitu mirip degan Racing RB, sering kali orang terkecoh dan rancu dalam membedakan dan memilih sepeda RB jenis ini dengan jenis Racing. Headtube pada sepeda jenis ini lebih tinggi posisinya daripada Racing RB. Ini memungkinkan ketika mengendarai sepeda jenis ini, tumpuan tidak terlalu terpusat pada lengan atau tangan sehingga kita tidak cepat merasa lelah dan rileks dalam mengendarainya. Semoga dapat menjadi panduan sederhana dalam memilih sepeda jenis ini.

Cyclocross: Sepeda jenis ini belum begitu banyak tersedia di dalam negeri, walaupun demikian tetap saja dengan mudah kita mendapatkan jenis sepeda ini dengan cara indent atau memesan terlebih dahulu. Geometry dan bentuk sepeda ini sangat mirip dengan kedua jenis sepeda diatas, hanya saja ban yang dipakai di sepeda ini adalah ban jenis small block. Dimana pada ban ukuran 700c yang yang terpasang pada sepeda ini memiliki permukan kasar khas sepeda gunung. Penggunaan sepeda ini pun tergolong unik, sepeda ini dapat digunakan di berbagai macam jalan aspal yang halus, jalan dengan kerikil, ataupun jalan tanah dan rerumputan. Meskipun begitu sepeda ini tidak diperuntukkan untuk jalur off road yang berat. Untuk bobot sepeda ini tergolong ringan, walaupun tidak seringan Racing RB. Sepeda ini ditawarkan dengan berbagai macam harga namun relatif mahal untuk pemula, sepeda type ini mungkin tidak di rekomendasikan bagi kita yang tidak terlalu tebal kantong.

Fixie: Sepeda ini pernah sangat hits dikalangan remaja, sampai saat ini pun masih banyak dijumpai sepeda jenis ini dipasaran maupun dijalan. Sepeda ini ditawarkan dengan berbagai macam tingkatan harga, mulai dari yang terjangkau sampai yang relatif mahal. Selain digunakan untuk bersepeda santai, sepeda ini juga banyak dipakai oleh freestyler. Ciri yang paling mudah diketahui dari sepeda jenis ini adalah fixed gear nya. Sepeda ini hanya memakai single speed dimana pengguna tidak bisa pindah kecepatan, atau bisa dibilang menggunakan satu jenis kecepatan saja. Mengenai bobot sepeda ini tidak terlalu ringan, mengingat biasanya sepeda ini menggunakan rangka besi atau chromoly. Semoga dapat menjadi acuan dalam memilih.

Hal yang terpenting dalam bersepeda adalah mencari manfaat dalam olahraga bersepeda itu sendiri. Semoga informasi diatas dapat sedikit memberikan gambaran dalam memilih berbagai macam sepeda jenis Road Bike. Dengan memilih olahraga bersepeda berarti kita turut berusaha mengurangi polusi udara di lingkungan kita.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *