Kenali Jenis Sepeda Sebelum Membeli (part II)

Melanjutkan artikel mengenai sepeda yang sebelumnya kami tulis. Kalau sebelumnya kami bahas sedikit mengena Road Bike atau sepeda jalan raya, kali ini kami akan coba bahas mengenai sepeda gunung. Sepeda gunung adalah sepeda olahraga yang mempunyai penggemar paling banyak dibandingkan sepeda lainnya. Berbeda fungsi denga Road Bike, sepeda gunung atau Mountain Bike ini lebih diperuntukan untuk menjelajah jalan halus maupun rusak, menurun ataupun menanjak, sangat baik digunkan di jalan berkerikil, berbatu, bertanah, bahkan berlumpur sekalipun, namun tetap dapat digunakan di jalan beraspal. Namun untuk beberapa jenis sepeda ini kurang baik untuk dikendarai dijalan menanjak. Bagi kalian yang ingin membeli atau baru akan memulai bersepeda gunung ada baiknya terlebih dahulu melihat panduan atau mengenal lebih dalam tentang Sepeda Gunung atau MTB ini.

XC hadtailXC hardtail: Sepeda ini sangat populer, sangking populernya, bisa dikatakan hampir separuh pesepeda yang ditemui di jalan memakai sepeda jenis ini. Selain multi fungsi, harga yang ditawarkan untuk sepeda jenis ini relatif terjangkau, namun untuk kelas premium ada juga yang dibanderol dengan harga puluhan juta. di awal kemunculannya sepeda ini tidak dilengkapi dengan shock breaker pada forknya, namun seiring berjalannya waktu sepeda ini mengalami bayak perubahan mayoritas sepeda XC kini sudah dilengkapi shock breaker pada forknya. Panjang travel pada fork XC hard tail rata-rata 80-100 mm. Sepeda ini sangat direkomendasikan untuk pemula melihat fungsi dan perawatannya yang sederhana. Semoga bisa menjadi referensi sebelum membeli Mountain Bike jenis ini.

Full Suspension: Sepeda ini di desain sedemikian rupa untuk melibas medan pegunungan yang lebih ekstrim. Dengan bentuk yang jauh berbeda dengan sepeda Hard Tail, penggunaan sepeda ini pun berbeda dengan sepeda jenis lain. Sepeda ini sangat cocok dipakai di medan tanah, berbatu, berlumpur, maupun tebing curam yang tidak bisa dilewati oleh sepeda jenis lain. Sepeda Full Suspension ini dibagi menjadi beberapa jenis lagi, diantaranya Enduro, Freeride, dan Downhill. Ketiga jenis sepeda MTB Full Suspension ini memilik bentuk yang mirip namun berbeda fungsi dalam penggunaanya.

sepeda enduro

  1. Sepeda enduro : digunakan di medan yang ekstrim baik di hutan, di bebatuan, maupun di jalur berlumpur. Dengan rangka yang kuat namun tergolong ringan dan kompak, sepeda enduro di rancang untuk bermanuver lincah dalam melintasi jalur ekstrim memberikan sensasi petualangan yang seru kepada pengendaranya. Sepeda ini dibanderol dengan harga yang relatif tinggi bahkan ada yang sampai puluhan bahkan ratausan juta.freeride bike
  2. Freeride : Sepada ini sangat mirip dengan sepeda enduro, namun biasanya posisi bottom bracket dari sepeda jenis ini lebih rendah, biasanya pengendara freeride menggunakan sepeda ini untuk freestyle di jalanan perkotaan ataupun di hutan. Bobot sepeda ini tergolong lebih berat dari sepeda enduro dengan harga yang relatif sama atau sedikit lebih rendah tergantung pada merek dan type serta parts yang digunakan.   downhill bike
  3. Downhill : Dari semua jenis sepeda sebelumnya, sepeda inilah yang biasanya mempunyai bobot paling berat. Sepeda ini digunakan khusus untuk menuruni bukit yang terjal, yang tidak isa dilalui oleh jenis sepeda lain. Mempunyai rangka yang kokoh dan fork khusus dengan double crown yang mempunyai travel terpanjang jika dibandingkan yang lain. Mengenai harga sangat bervariasi, sepeda ini tergolong jenis yang paling mahal dibanding MTB lain

Memang tidak disarankan kepada pemula untuk memilih ketiga jenis sepeda diatas, dikarenakan memang harganya yang tergolong mahal.

Dirt Jump : Sepeda ini adalah perpaduan antara BMX dan MTB. Sepeda ini digunakan oleh para freestyler layaknya BMX. Untuk harga sepeda jenis Dirt Jump ini tergolong terjangkau. Pada awal kemunculannya sepeda ini tidak dilengkapi fork suspensi, tapi kini sepeda Dirt Jump telah hadir dalam berbagai varian, rigid tanpa suspensi, dengan fork suspensi, bahkan telah hadir varian baru dengan full suspensi yang biasa juga disebut dengan slope style, pastikan memilih sepeda jenis ini sesuai budget ya.

MTB Hybride : Sepeda ini adalah jenis sepeda MTB yang paling nyaman dikendarai, harganya pun lumayan bersahabat. Geometry sepeda ini sangat mirip dengan MTB, perbedaanya ada pada ukuran ban dan rims atau velgnya, memakai ban 700c halus, sepeda ini sangat nyaman dipakai di jalan halus aspal yang datar maupun menanjak. Sepeda ini juga tersedia varian yang dilengkapi dengan fork suspensi ataupun rigid.

Semoga dapat menjadi acuan atau dasar dalam menentukan dan memilih sepeda MTB. Salam gowes.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *