Kopi vs Teh. Kalian Pilih yang Mana?

Minum kopi dan teh merupakan kebiasaan masyarakat tanah air yang hingga kini terus berjalan. Malah seiring berjalannya waktu minum kopi dan teh menjadi tren yang dilakukan semua kalangan dan semua rentang usia, bahkan kini bermunculan kedai-kedai dan tempat usaha yang menyajikan sajian kopi maupun teh. Di beberapa negara di Asia khususnya Jepang dan Cina minum teh sering dilakukan secara bersama-sama dalam acara khusus berupa upacara. Konon di Amerika kopi pernah menggantikan bir sebagai minuman ter favorit.

Kopi
Menurut informasi yang kami dapat, kopi merupakan minuman kuno yang diperoleh dari biji kopi yang ditumbuk  setelah terlebih dahulu di sangrai. Kopi mulai dikonsumsi pada abad ke 15 oleh masyarakat luas namun konon telah dikonsumsi oleh bangsa Etiopia di Afrika sejak 1000 SM, kopi termasuk dalam minuman yang paling digemari di dunia hingga saat ini. Nama dan istilah kopi awalnya di adaptasi dari bahasa arab yaitu قهوة‎ atau qohwah yang berarti kekuatan. Kopi secara umum dibagi menjadi dua jenis, yakni kopi robusta dan kopi arabika yang dihasilkan dari dua varietas berbeda, yakni canephora untuk robusta dan arabica untuk arabika. Penyebaran kopi konon dimulai dari Afrika yang kemudian di sebarluaskan ke daerah Timur tengah lalu ke Eropa, Amerika dan juga Asia. Kini kopi juga termasuk usaha pertanian atau komoditi dalam negeri bersama dengan Teh dan Kelapa Sawit. Jenis kopi dari Indonesia yang telah mendunia antara lain adalah kopi gayo, kopi jawa, kopi flores atau bajawa, kopi kintamani hingga kopi toraja.

Kepopuleran kopi tidak terlepas dari manfaat yang dapat di dapat dari kopi itu sendiri. Diantara manfaat kopi untuk kesehatan adalah:

Mengurangi resiko parkinson
Kopi dipercaya dapat menjadi usaha pencegahan penyakit parkinson. Parkinson merupakan sindrom yang secara perlahan menyebabkan tubuh mengalami tremor, susah atau kesulitan berbicara, dan lambat dalam bergaerak.

Mengurangi resiko diabetes
Menyeduh kopi juga dapat menjadi salah satu usaha untuk mengurangi resiko diabetes jenis 2. Di kutip dari wikipedia bahwa penelitian tentang kopi di JAMA pada tahun 2005 menerangkan bahwa orang yang mengkonsumsi kopi berkemungkinan lebih rendah terkena diabetes jenis 2.

Menghindari resiko terkena stroke
Menurut informasi yang kami dapat bahwa salah satu manfaat mengkonsumsi kopi setiap hari juga dapat menjadi usaha agar kita terhindar dari penyakit stroke.

Sebagai anti depresan
Apabila kita merasa lebih tenang setelah menikmati secangkir kopi, itu sangat masuk akal. Kopi dapat digunakan seseorang untuk sedikit mengurangi resiko stress akibat kelelahan menghadapi masalah pekerjaan. Konon kopi juga dapat meningkatkan neuro transmitter di otak.

Mengencangkan kulit
Dari segi kecantikan, kopi juga dapat dimanfaatkan sebagai usaha untuk mengencangkan kulit. Kopi dipercaya dapat mengencangkan kulit karena faktanya kopi mengandung antioksidan, yang termasuk fenol yang berfungsi menangkal radikal bebas, dimana radikal bebas dapat menyebabkan kerusakan2 kulit. Kandungan kafein pada kopi juga dapat berfungsi sebagai fasokonstriktor yang dapat mencegah penyempitan pembuluh darah yang dihasilkan dari kontraksi otot, sehingga dapat berefek mengencangkan kulit.

Teh
Minuman yang satu ini juga merupakan salah satu minuman yang paling terkenal di dunia. Ini dibuktikan dengan menyebarnya minuman ini ke segala penjuru dunia. Teh dapat dinikmati oleh berbagai kalangan, dari tua sampai muda, pria dan wanita, serta dikonsumsi oleh semua lapisan masyarakat. Secara umum minuman teh dibuat dengan cara menyeduh daun, atau pucuk daun teh atau daun dari tumbuhan bernama camellia sinensis yang telah dikeringkan. Kemudian daun teh kering ini disiram dengan air yang panas didalam sebuah gelas atau cangkir.
Di Cina, Teh pada awalnya digunakan sebagai bahan obat-obatan pada sekitar abad ke 8 SM. Orang Cina pada awalnya mengkonsumsi teh dengan cara mengunyah daunnya. Teh juga sering kali dicampur dengan berbagai jenis makanan dan sajian sup. Kini berbagai sajian teh di tanah air dapat dinikmati setiap hari dalam berbagai jenis mulai dari teh melati, teh hijau, teh hitam, teh oolong, dan Thai tea yang kini sedang banyak digemari masyarakat.

Manfaat teh
Berbagai manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh manusia menjadikan teh sebagai minuman yang melegenda sekaligus terus lestari di masyarakat. Berikut beberapa manfaat teh bagi kesehatan.

Baik untuk kesehatan jantung
Beberapa orang menambah jam olahraganya sebagai usaha untuk memelihara kesehatan jantung. Ternyata konsumsi teh juga dapat menjadi upaya pendamping ditengah usaha kita dalam menjaga kesehatan jantung. Sifat anti inflamasinya membuat pembuluh darah rileks dan mengurangi tekanan pada jantung.

Meningkatkan metabolisme tubuh
Menurut informasi yang kami dapat teh yang mengandung kafein terbukti dapat mempertajam mental serta menaikkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak.

Mengurangi resiko kangker
Zat antioksidan yang terkandung pada teh dipercaya menurunkan resiko terkena kangker prostat, kangker paru,dan kangker payudara

Sumber :
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Teh
https://id.m.wikipedia.org/wiki/Kopi

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *