Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Sepeda merupakan alat transportasi sekaligus olahraga yang dikenal di hampir semua lapisan masyarakat, dari yang kecil sampai yang besar, dari yang muda sampai yang tua. Bisa dibilang Semua orang dapat merasakan manfaat bersepeda, sebagai alat transportasi atau angkut sederhana, maupun sebagai alat olahraga yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan.

Akhir-akhir ini kegiatan bersepeda kembali menjadi trend di masyarakat. Hal ini dilihat dari banyaknya daerah di tanah air yang mengadakan kegiatan car free day dia akhir pekan. Kegiatan ini awalnya hanya ramai diadakan di ibukota namun seiring berjalannya waktu dan meningkatnya minat masyarakat akan kesehatan, membuat kegiatan ini marak dilakuakan di kota lainnya.

Mengurangi stres

Manfaat yang bisa langsung dirasakan dari bersepeda adalah membuat suasana pikiran lebih fresh. Hal ini akan memberikan efek baik bagi kesehatan, karena ketika tubuh aktif bergerak tubuh akan menghasilkan hormon dopamin. Hormon dopamin adalah hormon yang dapat mendorong seseorang untuk merasa bahagia dan mendapatkan mood yang baik. Olahraga ini juga dapat memberikan penyegaran mental sehingga berpotensi menghadirkan banyak inspirasi, olahraga ini diharapkan mampu membuat si pesepeda menjadi pribadi yang lebih produktif. Manfaat ini diperlukan oleh setiap orang yang setiap harinya sibuk oleh kegiatan bekerja yang menjemukan.

Menyehatkan jantung

Apabila dilakukan secara teratur dan berkala, bersepeda dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan jantung. Dikutip dari hallosehat.com Bersepeda meningkatkan sirkulasi darah, merangsang dan memperbaiki jantung, dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular. Hal ini dibuktikan dalam study di denmark yang menunjukkan bahwa orang yang rutin bersepeda akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua. Hal ini juga harus dipertimbangkan menjadi kebiasaan kita sehari-hari mengingat begitu besarnya manfaat bersepeda bagi kesehatan jantung. Meski begitu bagi pengidap penyakit jantung harus terlebih dahulu berkonsultasi kepada dokter guna mendapat pengetahuan tentang porsi olahraga bersepeda bagi mereka.

Membakar kalori

Bagi kita yang punya kelebihan berat badan atau sedang dalam program diet, bersepeda bisa jadi pilihan yang baik. Dengan bersepeda kita bisa membakar 400 sampai 1000 kalori hanya dengan bersepeda selama 1 jam, semakin berat kayuhannya semakin banyak kalori yang dibakar. Manfaat yang di dapat dari bersepeda dapat dirasakan oleh pria maupun wanita. Terlebih bagi kaum hawa yang dikenal rela melakukan berbagai jenis diet, bersepeda bisa jadi cara yang asyik untuk menjalankan diet sekaligus mencari manfaat kesehatan yang lain.

Baik untuk kesehatan sendi

Bersepeda memerlukan gerakan badan yang aktif terutama kaki. Bersepeda memberikan manfaat bagi kesehatan sendi, mereka yang rutin bersepeda akan terhindar dari resiko cidera pada persendian, terutama persendian tubuh bagian bawah. Selain itu bersepeda juga dapat melatih otot tangan, punggung, dan juga leher.

Baik untuk kesehatan mental

Saat fokus bersepeda di jalan, tanpa kita sadari telah mengistirahatkan pikiran dan mengalihkan fokus kita terhadap pekerjaan atau masalah sehari-hari. bersepeda terbukti dapat memperbaiki mood, meredakan kecemasan, stres, atau depresi karena kejenuhan terhadap pekerjaan sehari-hari. didapat dari beberapa sumber, bersepeda memberikan manfaat kesehatan berupa recovery terhadap tubuh saat mengalami kelesuan, merasa tidak percaya diri, murung, sampai susah tidur di malam hari.

Melatih otot

Manfaat bersepeda untuk kesehatan tubuh kita yang lain adalah melatih otot. Saat bersepeda otot pada lengan punggung dan perut akan terlatih. Bersepeda juga dipercaya dapat menjaga bentuk tubuh, diakarenakan hampir semua anggota badan kita merespon semua gerakan bersepeda yang kita lakukan saat tengah bersepeda

Lain dari pada itu, manfaat menggunakan sepeda sebagai alat transportasi juga sangat baik untuk lingkugan. Dimana sepeda itu sendiri merupakan kendaraan ramah lingkungan yang tidak menghasilkan polusi. Kini tidak hanya di kota besar, jalur-jalur pesepeda di daerah-daerah juga telah mulai disiapkan untuk menyambut meningkatnya jumlah minat masyarakat terhadap sepeda. Semoga kedepan indonesia semakin menjadi negara yang ramah pesepada, karena selain memberikan manfaat bagi tubuh kita bersepeda juga dinilai berperan penting dalam mengurangi polusi yang dihasilkan dari kendaraan bermotor.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *