Manfaat Mengkonsumsi Kurma dan Madu

Manfaat mengkonsumsi kurma dan madu

Kurma dan madu merupakan makanan yang sudah tidak asing lagi di telinga kita, terutama bagi umat islam yang setiap tahun menjumpai bulan ramadhan. Saat ini kurma dan madu merupakan makanan pendamping yang banyak sekali dikonsumsi masyarakat di tanah air, bahkan kini banyak diperjualbelikan di luar bulan ramadhan. Hal ini dikarenakan banyaknya manfaat dari kurma dan madu itu sendiri. keduanya punya segudang manfaat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Memenuhi kebutuhan nutrisiĀ 

Berbagai aktivitas yang dijalani setiap hari menuntut kita untuk selalu fit dan siap untuk menghadapi segala kondisi. Karenanya makan makanan bergizi, berolahraga, dan cukup istirahat merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan.

untuk memenuhi kebutuhan gizi, salah satu cara yang paling praktis adalah dengan mengkonsumsi kurma dan madu setiap hari, terutama di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Kandungan gizi pada kurma sangat berguna untuk membantu proses pencernaan dalam tubuh. Selain itu kurma juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang berguna untuk menjaga kesehatan tubuh secara optimal dan juga sebagai nutrisi pendukung pembentukan sel darah baru. Kandungan vitamin A dan vitamin K dalam kurma juga dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan setiap hari.

Menjaga gula darah tetap stabil

Kita semua tentu menyukai makanan manis, makanan manis atau makanan yang mengandung gula juga dipercaya merupakan cadangan tenaga dan stamina di dalam tubuh, terutama bagi kita yang sehari-hari melakukan pekerjaan fisik. Namun terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman manis juga tidak baik untuk kesehatan, terlalu banyak mengkonsumsi gula atau makanan manis meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes.

Namun tidak perlu khawatir, bagi para penyuka makanan manis bisa menggantinya dengan mengkonsumsi madu dan kurma tanpa perlu khawatir akan lonjakan kadar gula darah. Bahkan ada sebuah penelitian yang dimuat pada nutrition journal, terdapat pernyataan bahwa meskipun kurma mengandung gula alami dalam jumlah yang tinggi, namun memiliki indeks glikemik yang rendah. Indeks glikemik adalah parameter penentu seberapa cepat gula darah kita naik, Maka dari itu kita tidak perlu khawatir gula darah akan meningkat setelah kita konsumsi, meski demikian penderita diabetes disarankan berkosultasi pada dokter terlebih dahulu berapa banyak konsumsi kurma dan madu yang diperbolehkan setiap harinya.

menurunkan kadar trigliserida

Banyak dari kita seringkali kurang memperhatikan apa yang kita konsumsi setiap hari,konsumsi makanan dan minuman secara sembarangan dapat memicu dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Misalnya konsumsi makanan dengan kandungan kalori, gula, dan lemak yang tinggi berpotensi memicu meningkatnya trigliserida dalam tubuh. Hal ini dapat berdampak pada potensi munculnya berbagai macam penyakit, diantaranya penyakit diabetes dan jantung. Kabar baiknya adalah beberapa penelitian menyebutkan bahwa konsumsi madu dapat menurunkan kadar trigliserida yang tinggi. Disebutkan juga dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, menyatakan bahwa konsumsi kurma mampu menurunkan kadar trigliserida hingga 15 persen lebih baik. Semua nutrisi baik dari kurma akan lebih optimal apabila kita iringi dengan konsumsi madu dengan takaran yang pas, karena nutrisi dari madu juga tidak kalah penting. Beberapa nutrisi yang terkandung adalah antioksidan penting berupa flavonoid, fenol, dan asam organik, yang mana Antioksidan tersebut banyak dikaitkan dengan penurunan resiko serangan jantung, stroke, beberapa jenis kangker, dan memperbaiki kesehatan mata

Mudah di dapat dan praktis untuk dikonsumsi

Ada banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk menikmati madu dan kurma, berbagai model sajian dari minuman hangat, makanan camilan, dicampur dengan berbagai macam kue dan cake, untuk campuran susu, atau bisa juga dengan cara dikonsumsi langsung. Bila menginginkan cara yang lebih praktis, kita juga dapat memilih produk yang merupakan olahan dari kurma dan madu

Punya banyak manfaat untuk ibu hamil dan menyusui

Karbohidrat dan gula alami seperti glukosa, sukrosa, dan fruktosa yang terkandung pada kurma merupakan sumber nutrisi utama bagi ibu hamil dan menyusui. Mengkonsumsinya pun sangat mudah bisa dicampur dengan air hangat, dikonsumsi bersama madu, ataupun dijadikan camilan sehat. Selain itu, saat usia kehamilan yang sudah senja seorang ibu kerap kali harus mengalami gangguan pencernaan yang disebabkan oleh kehamilan, diantaranya adalah sembelit atau susah buang air besar. Kandungan serat yang tinggi pada kurma akan memenuhi kebutuhan serat ibu hamil dan melancarkan sistem pencernaan termasuk buang air besar, konsumsi kurma juga dipercaya dapat mempermudah seorang ibu dalam menghadapi persalinan.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *