Mengenal Decluttering, Perpaduan Antara Beberes dan Berdonasi

Melihat tempat tinggal yang berantakan akan berpengaruh terhadap kehidupan kita. Bagaimana tidak, rumah yang sejatinya menjadi tempat istirahat harus juga bisa menjadi tempat ternyaman di kehidupan kita. Meskipun dengan keadaan yang tidak mewah atau sederhana kita tetap dapat membuat tempat tinggal kita nyaman dengan tata ruang yang simpel, rapi, bersih dan sehat.

Banyak dari kita pernah mengalami lemari pakaian penuh sesak, atau lemari buku dipenuhi buku yang berdebu juga Hadiah dari teman dekat yang jarang kita pakai. Barangkali Decluttering menjadi solusi termudah yang dapat kita coba. Kita bisa mengelompokkan pakaian yang sudah tak mungkin dipakai lagi karena ukuran yang tak lagi muat dan juga pakaian yang sudah terlalu usang, atau kita juga bisa memilah buku yang sudah tidak kita baca namun masih dapat dipakai. Langkah ini lah yang akan kita pakai untuk membuat suasana ruangan ditempat kita menjadi lebih lega.

Dengan demikian rumah bisa menjadi tempat yang bisa me-recharge fisik sekaligus mental kita sehingga kita siap menghadapi hari dengan sebaik-baiknya. Selain itu dengan decluttering kita jadi bisa untuk memilah dan memilih benda atau barang secara benar-benar adil sesuai fungsinya, misalnya mengumpulkan di tempat tersendiri benda yang sekiranya tidak terpakai saat ini namun kemungkinan akan dapat kita pakai kembali di masa yang akan datang, atau mendonasikan benda yang sudah tidak terpakai namun masih pantas dan layak dipergunakan orang lain yang sedang membutuhkan.

Decluttering sangat efektif digunakan di rumah yang berukuran kecil sampai sedang, bahkan sangat berguna untuk merapikan tata ruang kos ataupun apartemen. Dengan decluttering kita juga belajar untuk disiplin merapikan barang yang sekiranya berpotensi memenuhi ruangan dengan tidak beraturan.

Terhindar dari gaya hidup konsumtif
Salah satu manfaat decluttering adalah membuat kita terlatih menjadi orang yang tidak konsumtif. Alih-alih membeli benda berdasarkan fungsinya, seringkali membeli suatu barang atau produk karena keinginan sesaat. Dengan decluttering kita mengelompokkan barang yang menumpuk di lemari dan memisahkan klompok kecil benda yang masih dapat kita pergunakan.

Belajar peduli pada sesama
Beberapa benda yang masih dalam kondisi baik namun tidak kita pergunakan lagi dapat kita sumbangkan kepada siapa saja yang memerlukan, sebagai contoh pakaian kita diwaktu kecil yang masih layak pasti akan sangat besar artinya bagi siapa saja yng membutuhkan. Ini sekaligus sebagai sarana belajar untuk peduli bagi sesama dengan hal yang mudah dan sederhana.

Memaksimalkan space di tempat tinggal kita

Decluttering juga bisa digunakan untuk menyiasati agar kita mendapat ruang yang luas di tempat tinggal kita. Tidak harus sekaligus dirapikan dalam satu waktu melainkan bisa dilakukan secara bertahap. Dengan demikian decluttering dapat menjadi kebiasaan baik yang dapat kita lakukan secara berkala.

Kita bisa melakukan kegiatan ini dari ruangan paling pribadi seperti kamar tidur atau kamar mandi. Fungsi lainya adalah mencegah kita untuk menumpuk barang atau benda yang sudah tidak terpakai yang menjadi penyebab ruangan tempat tinggal menjadi sempit.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *