Mengenal Honey Badger, Raja Hutan Yang Sesungguhnya

Dengan tubuh yang tidak terlalu besar, Honey Badger adalah seekor hewan yang mempunyai reputasi bagi lawannya yang lebih besar. Berbekal Kulit tebal dan ukuran cakar yang kuat dan tajam, Honey Badger yang hampir tidak pernah nampak disekitar kita ini merupakan seekor karnivora sekaligus pemakan madu. Namun metabolisme yang sangat cepat dari hewan ini, beberapa sumber menyatakan bahwa honey badger sering memakan buah – buahan dan akar apabila kesulitan mencari mangsa. Hewan ini termasuk dalam keluarga Mustelidae, yang artinya masih memiliki kerabat dekat dengan berang-berang, cerpelai dan wolverine. Panjang rata-rata binatang ini hanya 50 – 70 cm, dengan beratnya berkisar antara 9 -16 kg untuk jantan, dan 5-10 untuk betina. Meskipun ukuran binatang pemburu ini tergolong sangat kecil, namun keganasannya melebihi predator – predator besar seperti singa atau macan tutul. Bahkan National Geographic menyebut Honey Badger sebagai binatang paling brutal dan pemberani di Dunia.

Honey Badger mempunyai beberapa predator pemangsa seperti Singa dan Leopard, namun sangat jarang predator – predator ini berhasil menaklukkan Honey Badger. Hal ini dikarenakan hewan tangguh ini memang sangatlah sulit di buru, kulitnya yang tebal dan tubuh yang pendek kekar menjadikan predator mereka menyerah ketika mencoba untuk menyerang. Honey Badger mempunyai stamina yang kuat sehingga membuat pemangsanya kelelahan lalu pergi meninggalkannya. Hampir dapat dikatakan Honey Badger memakan apa saja yang ada didepannya, seperti rusa, landak, hewan pengerat, kodok, kadal, ular, madu, bahkan hewan ini sering menculik bayi leopard. Tidak hanya itu, dengan kekuatannya seekor Honey Badger mampu untuk memecah cangkang kura – kura buruannya.

Guinnes Book Of Record menyatakan bahwa hewan ini adalah hewan yang paling berani atau tidak mengenal rasa takut. Dengan ukurannya yang kecil Honey Badger sang sering lolos dari kepungan Heyna dan Singa. Ketika di serang hewan ini tidak pernah mundur, malah seolah menantang kepada predatornya. Meskipun hewan ini juga pernah di temukan mati karena sengatan lebah, ketika sedang mengincar madu di sarang lebah.

Selain kemampuan bertahan dan berburunya yang hebat, hewan ini juga dapat mengeluarkan bau busuk layaknya sigung, namun tidak seperti sigung bau busuknya tidak bertahan lama. Bau ini dikeluarkan ketika mereka merasa terancam, dan juga digunakan untuk menandai wilayahnya.

Bukan tanpa alasan kenapa hewan yang satu ini dinobatkan sebagai hewan paling berani dimuka bumi, sejumlah bekal pendukung yang dimiliki hewan ini menjadi faktor yang sangat berpengaruh terhadap gelar tersebut. Diketahui Honey Badger memiliki kulit tebal elastis dari kepala memanjang sampai ke belakang tubihnya. Diperkirakan ketebalan dari kulitnya mencapai 6 mm, kulit tersebut sangat elastis, kuat, dan licin, sehingga memungkinkan hewan ini untuk tetap memberikan serangan bahkan ketika dalam cengkraman. Bahkan sangat jarang ditemukan bekas luka gigitan atau luka karena tancaban tombak atau panah yang pernah menembus kulit punggungnya. Bukan hanya itu Honey Badger juga dibekali dengan kekuatan rahang dan gigi yang sangat kuat. Untuk ukuran hewan sekecil itu, dia mampu memecahkan cangkang Kura-kura dengan Kekuatan rahangnya.

Honey Badger sangat ganas, brutal, dan rakus dalam berburu. Mereka tidak sungkan atau takut untuk bertarung dengan predator yang lebih besar seperti serigala, anjing liar, hyena, bahkan singa atau macan tutul untuk merebut makanan mereka. Walaupun Honey Badger bertarung sendiri, mereka sering kali menang dalam perebutan makanan tersebut.

Kemampuan beradaptasi
Honey Badger adalah hewan yang tergolong sangat mudah beradaptasi. Hewan ini dapat dengan mudah hidup di padang pasir yang panas dan gersang seperti di Namibia atau di sekitar gurun sahara, padang rumput di daerah Etiophia dengan suhu rata – rata yang rendah, juga dapat hidup di hutan hujan yang rimbun dan lebat seperti di wilayah hutan hujan Kongo. Dengan kemampuan begitu hebat, satwa kuat yang satu ini memang merupakan predator yang dapat dikatakan sebagai raja hutan yang sesungguhnya.

Tingkat kecerdasan yang tinggi
Dikatakan bahwa Honey badger dengan mudah dapat membuka pintu lemari es dan membuka gerbang sebuah pagar. Bahkan, di area rehabilitasi satwa di Afrika Selatan mereka dapat menggunakan alat bantu seperti tongkat dan garu untuk meloloskan diri serta dapat menjadikan lumpur, batu sebagai alat untuk meloloskan diri dari kandang mereka. Dapat disimpulkan Honey Badger memiliki kecerdasan diatas rata-rata dibanding satwa atau predator lainnya.

Honey Badger adalah binatang yang penyendiri, mereka terlalu egois untuk berkelompok, mereka akan berkumpul bersama lawan jenisnya hanya saat musim kawin datang. Layaknya seorang ibu, seekor Honey Badger betina biasanya akan bersama anaknya sampai beberapa waktu lamanya sampai anaknya benar – benar bertahan hidup sendiri.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *