tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Merawat mobil yang jarang dipakai

Bagi kaum pria sudah bukan rahasia lagi kalau merawat kendaraan membutuhkan ketelitian, ketelatenan, dan juga biaya. Pria juga dikenal tidak pernah benar-benar dewasa apabila dihadapkan dengan hobi. Bahkan ada yang bilang hobi itu tidak kenal harga, artinya berapapun akan dibayar kalau sudah hobi. Nah, bagi kalian atau siapa saja yang hobi otomotif terutama roda empat pasti punya kendaraan atau mobil kesayangan dong? Dan biasanya mobil kesayangan hanya dipakai pada momen tertentu saja, setelah itu akan jadi barang simpanan dirumah.

Memang sih mobil yang jarang di pakai pasti punya angka jarak pakai yang sedikit, berbeda dengan mobil yang dipakai harian. Apakah itu pertanda baik? Angka jarak pemakaian mobil memang akan berpengaruh pada harga jual kembali sebuah mobil, semakin sedikit angkanya harganya semakin tinggi, begitu juga sebaliknya. Kabar buruknya banyak dari kita beranggapan bahwa mobil yang jarang pakai tidak perlu dirawat, padahal tidak demikian. Mobil yang didiamkan di garasi selama berminggu-minggu akan berpotensi menimbulkan masalah atau kerusakan pada komponen mobil.

Menurut penuturan beberapa mekanik bengkel perawatan mobil yang kami temui beberapa waktu yang lalu, mobil sebaiknya dinyalakan untuk dipanaskan mesin nya sekaligus dijalankan sekurang-kurangnya dua sampai tiga minggu sekali. Masalah yang paling sering terjadi adalah aki yang cepat soak. Kemungkinan berikutnya adalah terjadinya flat spot pada ban, flat spot adalah permukaan ban berubah menjadi tidak rata karena bobot mobil akan bertumpu hanya pada titik tertentu pada permukaan ban,selain itu tekanan udara pada ban juga akan berkurang seiring lamanya penyimpanan. Selain itu oli mesin juga berpotensi menggumpal dan bisa menimbulkan masalah serius pada mesin, dinding tangki bahan bakar yang tidak penuh juga akan berembun dan berpotensi menimbulkan karat dan keropos. Tidak sampai disitu saja komponen kelistrikan dan kabel-kabel juga sangat rentan dimakan tikus-tikus yang menganggap kap mesin sebagai rumah barunya.

Berikut adalah tips merawat mobil yang jarang pakai

Supaya mobil kita tetap dalam kondisi prima walaupun jarang dipakai, kita perlu merawat dan memberikan perlakuan khusus. Berikut ini adalah beberapa hal yang harus di perhatikan:

  1. Kebersihan

Yang pertama kita harus perhatikan adalah kebersihannya, jangan sampai kita mendiamkan mobil di garasi dalam keadaan kotor atau pun kurang bersih, jadi cucilah mobil dan simpan dalam keadaan kering dan bersih, dengan demikian mobil kita akan terhindar dari potensi karat yang dapat menyebabkan kerusakan pada komponen mobil terutama yang berbahan besi.

  1. Oli mesin

Kita tentu tidak ingin mobil kesayangan kita mengalami gangguan mesin saat digunakan, oleh karenanya perhatikan volume oli pada mesin, pastikan dalam keadaan cukup. Bila diperlukan kita bisa melakukan penggantian oli mesin ketika tidak ingin menggunakan mobil dalam waktu yang lama.

  1. Tangki bahan bakar

Agar tidak berpotensi mengalami keropos pada tangki, hendaknya kita mengisi tangki bahan bakar dengan jumlah penuh atau minimal 80% dari kapasitas tangki. Hal ini akan meminimalisir resiko tangki keropos akibat karat yang dihasilkan dari tangki yang berembun.

  1. Aki

Dalam kondisi mesin mati lepaskan kabel pada aki, anda bisa melepas kabel negatif terlebih dahulu diikuti melepas kabel positif. Ini akan membuat kondisi kelistrikan mobil beristirahat total, dan akan menjaga aki tetap dalam keadaan seperti terakhir terpasang.

  1. Posisi mobil

Parkirkan mobil anda ditempat yang terlindung dari panas berlebih dan hujan, pastikan juga tempat dimana anda memarkir mobil adalah tempat yang datar atau tidak miring.

  1. Wiper

Sebagai komponen kecil yang berfungsi hanya di saat tertentu saja, keberadaan wiper seringkali kurang diperhatikan. Namun mobil yang kita kendarai pada saat keadaan hujan sangat membutuhkan wiper sebagai alat yang sangat penting. Tanpa wiper rasanya kita akan kesulitan melewati hujan, wiper akan bekerja maksimal apabila karetnya masih lentur, ketika karet wiper mulai kering atau mengeras pasti akan sangat merepotkan dan membuat jarak pandang mata kita saat terjadi hujan menjadi sangat terbatas. Untuk mencegahnya anda bisa mengakalianya dengan ganjalan busa sewaktu mobil akan ditinggal atau  di diamkan dalam waktu yang lama.

Itu dia beberapa tips yang mungkin akan berguna saat kita akan menyimpan mobil kesayangan digarasi rumah dalam waktu yang lama.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *