Pentingnya Sarapan Pagi bagi Kesehatan

Sejak kecil setiap hari ibu selalu menyajikan sarapan untuk keluarga, namun entah mengapa kebiasaan sarapan kerap ditinggalkan seiring berjalannya waktu. Saat masih usia Taman Kanak-Kanak, SD sampai SMP kebiasaan sarapan adalah kebiasaan yang dianggap biasa, karena sudah menjadi rutinitas bagi kita semua. Namun seiring berjalannya waktu, budaya sarapan semakin sering ditinggalkan. Bagi sebagian dari kita sarapan dianggap merupakan makan yang terlalu pagi. Di waktu pagi biasanya kita tidak terlalu merasa lapar, sehingga makan sarapan tidak senikmat makan siang atau makan malam.

Banyak dari teman-teman kita terutama yang tinggal di kost baik pekerja maupun pelajar kerap meninggalkan sarapan pagi. Hal ini mungkin karena sebagian dari kita belum mengerti begitu pentingya manfaat sarapan bagi tubuh kita. Kurangnya pengetahuan dan informasi yang tersampaikan membuat sebagian dari kita cenderung mengabaikan sarapan pagi.

Salah satu manfaat sarapan pagi bagi kesehatan tubuh adalah sebagai sumber energi. Layaknya sebuah mesin, kita membutuhkan bahan bakar untuk mengembalikan energi setelah tidur malam yang panjang dan terbangun dengan perut kosong. Ini menjadi alasan mengapa sarapan sangat penting sebelum beraktivitas sehari penuh.

Manfaat sarapan sehat yang dilakukan secara rutin oleh anak-anak juga akan memenuhi kebutuhan nutrisi harian mereka, menjaga berat badan, mampu berkonsentrasi lebih baik, serta membuat anak selalu siap dengan aktivitas padat di sekolah.

Meningkatkan kemampuan konsentrasi
Studi yang dilakukan Centers for Disease Control terhadap program sarapan sekolah menemukan bahwa anak yang tidak sarapan akan lebih sulit menerima pelajaran, menurunnya kemampuan ingatan hingga memecahkan masalah. Hal ini pun ternyata berlaku bagi orang dewasa saat bekerja. Kebiasaan sarapan pagi juga bisa membuat Anda lebih fokus dan produktif dalam mengerjakan pekerjaan di kantor ataupun sekolah karena perut sudah terisi. Jika kita tidak sarapan pagi, kemungkinan daya pikir kita bisa menurun.

Menstabilkan berat badan
Penelitian menunjukkan bahwa sarapan pagi dengan menu yang sehat dapat membantu menstabilkan berat badan. Dengan sarapan, kita tidak akan terlalu lapar pada siang hari, sehingga keinginan untuk mengkonsumsi makanan berlebihan pada saat makan siang dapat dicegah. Ketika kita melewatkan sarapan pagi, maka kita akan lebih cenderung untuk mengkonsumsi makanan lain, yang bisa jadi tinggi kalori namun tidak membuat kita merasa kenyang.

Memenuhi kebutuhan nutrisi sehari-hari
Tanpa sarapan, membuat tubuh kita akan sulit mendapatkan kebutuhan harian tubuh akan asupan nutrisi dan vitamin. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang sarapan lebih mungkin untuk memenuhi kebutuhan gizi secara menyeluruh, baik itu asupan kalsium, serat, vitamin A, B, C dan vitamin lainnya yang menjadi kebutuhan tubuh kita setiap hari

Mengurangi resiko berbagai penyakit.
Selain itu manfaat yang bisa diperoleh dari sarapan pagi adalah berkurangnya resiko terkena penyakit. Kemungkinan terkena diabetes dan penyakit jantung akan semakin rendah dengan membiasakan diri sarapan pagi setiap hari.
Menurut sebuah studi, kadar kolesterol jahat (LDL) pada wanita sehat dengan kebiasaan tidak sarapan cenderung lebih tinggi daripada mereka yang membiasakan diri untuk sarapan. Mereka yang membiasakan sarapan juga cenderung mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada mereka yang sering melewatkan sarapan.

Mood booster
Efek langsung dari melewatkan sarapan adalah gula darah menurun. Insulin dalam tubuh akan bekerja keras menghasilkan energi meskipun tubuh dalam keadaan tidak punya bahan bakar. Akibatnya akan langsung berpengaruh pada suasana hati dan reaksi otak seseorang. Hal ini diperkuat oleh studi dari BBC News World Edition tahun 2002 yang menemukan 26% orang memiliki suasana hati yang lebih baik setelah rutin sarapan. Untuk menjalani hari dengan baik dan ceria, sebaiknya kita mulai untuk membiasakan diri untuk sarapan pagi.

Baik untuk penderita GERD
Banyak orang yang menghiraukan penyakit GERD ini, padahal apabila bertambah parah bisa mengganggu aktifitas. ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya GERD. Salah satunya adalah rutin melakukan sarapan pagi dengan berbagai menu yang dapat bermanfaat menurunkan risiko GERD seperti bayam, oatmeal, susu almond, dan juga buah-buahan seperti pisang dan melon.

Sumber :
https://www.alodokter.com/manfaat-sarapan-yang-tidak-boleh-dilewatkanhttps://
www.sahabatnestle.co.id/content/gaya-hidup-sehat/inspirasi-kesehatan/inilah-akibat-jika-jarang-sarapan-pagi.html

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *