Sejarah Sepeda Motor Eropa dan Amerika di Tanah Air

Sepeda motor emang udah jadi semacam kendaraan rakyat yang hampir setiap orang pake. Bisa dibilang hampir setiap rumah di indonesia punya sepeda motor. Berbagai model sepeda motor yang beredar dijalanan di tanah air menjadi bukti bahwa sepeda motor telah mengalami perkembangan dari waktu ke waktu. Bukan hanya dari sisi tampilan luarnya saja, perkembangan mesin dan perangkat elektrik pada sepeda motor turut mengalami perkembangan.

Dengan berbagai perkembangan yang ada, kini sepeda motor ber teknologi canggih tak lagi mewah, ada banyak banget varian skuter matik maupun sepeda motor non matic dengan berbagai keunggulannya dibandrol dengan harga yang relatif terjangkau. Kalo dulu orang-orang di kampung musti jual tanah dulu baru duitnya buat beli sepeda motor.

Jauh sebelum sepeda motor jepang yang modern bertaburan peredarannya di Indonesia, sepeda motor eropa udah lebih dulu sliweran di Tanah Air. Sepeda motor eropa jadul yang dulu beredar hanya dipakai kalangan tertentu, yakni kalangan menengah keatas. Meskipun demikian dulu peredaran motor tua eropa cukup merata, motor dengan merk terkemuka seperti BSA, Norton, Triumph, bahkan Harley Davidson dapat dijumpai di Indonesia bahkan dikampung – kampung. Tentu saja yang pake bukan sembarang orang waktu itu, mulai dari Juragan, Pejabat, maupun kalangan terpandang lainnya misalnya bangsawan dan para jutawan di jamannya

Sedikit cerita unik mengenai awal mulanya sepeda motor mulai masuk ke Indonesia yang waktu itu masih bernama Hindia Belanda. Kendaraan bermotor pertama berupa sepeda motor yang didatengin ke Tanah Air pada 1893 melalui Pelabuhan Semarang atas pesanan dari pekerja dari Inggris yang berkerja sebagai masinis di pabrik gula di Oemboel Probolinggo bernama John C Potter. Sepeda motor buatan Jerman yang bermerek Hildebrand und Wolfm├╝ller ini dikenal di masyarakat luas pada waktu itu dengan sebutan yang cukup unik yakni kreta setan. Bukan karena angker, tapi karena kendaraan roda dua ini bisa jalan tanpa digowes. Soalnya mungkin jaman dulu orang-orang taunya kalo rodanya dua ya musti di gowes.

BSA
Motor bikinan Inggris ini bisa dibilang motor jadul mewah yang jadi legenda di Tanah Air. Awalnya BSA adalah perusahaan pembuat senjata dari Birmingham Inggris. Namun pada masa perang dunia ke 2 yakni sekitar tahun 1939 BSA fokus bikin motor sebagai sarana pendukung perang.

Untuk tahun segitu bisa dibulang BSA ini motor ber CC besar yang bertenaga dan tangguh disegala medan. Sayangnya BSA harus menyerah dan tutup pada 1972 karena masalah finansial.

Norton
Norton juga merupakan perusahaan pembuat sepeda motor asal inggris yang dulu sempat masuk ke Indonesia. Bahkan sampai saat ini perusahaan ini masih lestari dan terus berinovasi dengan produk-produknya.

Merek norton masuk ke tanah air hampir bersamaan denga merek moge Eropa dan Amerika. Pada waktu itu orang sangat wajar menggunakan motor dengan kapasitas mesin diatas 250 cc Yang berbodi gambot. Bahkaan hingga saat ini untuk seri tertentu norton masih meneruskan model jadul tahun 50 an untuk produksi motor terbarunya.

BMW
Merek kendaraan kenamaan asal jerman ini memang bisa dibilang salah satu yang tersukses di dunia. Bahkan di segiap negara merek kendaraan ini punya penggemar fanatiknya sendiri. Gak beda sama di Tanah Air, di Indonesia produk BMW sangat dikenal di masyarakat luas atau di berbagai lapisan masyarakat, namun produk-produk BMW teranyar hanya mampu dimiliki orang dari kalangan menangah keatas saja. Tidak terkecuali produk sepeda notornya, BMW dikenal dari sejak lama telah memproduksi sepeda motor dengan kualitas dan teknologi tinggi yang mana dulunya cuma dimiliki kalangan atas aja.

Dengan cirikhas bunyi mesin halus yang berbeda dari produsen motor eropa lainnya, menjadikan BMW punya penggemar Yang fanatik dan eksklusif. Hingga kini produk sepeda motor BMW di Indonesia hanya dipakai oleh beberapa gelintir penggemar yang memang rela merogoh kantong dalam untuk sebuah produk sepeda motor yang prestisius.

Harley Davidson
Suaranya yang khas membuat sepeda motor ini sangat terkenal di Indonesia bahkan diseluruh dunia. Jauh sebelum pabrikan sepeda motor asal jepang menguasai pasar kendaraan roda dua Tanah Air, moge bikinan Amerika ini telah lebih dulu malang melintang dijalanan di seluruh wilayah Indonesia.

Sejak pertama kali Harley Davidson di bawa oleh Belanda yang waktu itu berkuasa di Hindia Belanda pada 1920, Harley Davidson digunakan sebagai kendaraan operasional para petinggi perkebunan yang disebut “Ordeming” atau dalam istilah masyarakat lokal dikenal sebutan demang. Adapun jenis produk Harley Davidson diawal kehadiran mereka di Indonesia adalah model WLA-Army.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *