Sejarah Singkat Mata Uang

Sadarkah kita selama ini telah melakukan transaksi tukar-menukar barang dengan selembar kertas? Bukan kertas biasa melainkan sebuah dokumen sah yang telah ditetapkan pemerintah suatu negara menjadi sebuah alat tukar. Telah tercatat dalam sejarah bahwa pada jaman dahulu orang telah lama mengenal sistem tukar menukar atau barter, barter ini sebagai cara orang-orang terdahulu untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Sebagai contoh, orang di pesisir pantai akan menukar hasil tangkapan ikan yang mereka peroleh dengan beras atau makanan pokok lainnya, orang dari pegunungan juga akan datang membawa hasil panen sayuran yang akan ditukar dengan garam yang dibawa oleh petani garam dari pesisir. Pada prosesnya, para pelaku barter ini akan berusaha menemukan orang yang ingin menukar barang bawaannya dengan apa yang mereka bawa.

Konon sistem barter ini telah dipakai dan populer pada tahun 6000 Sebelum Masehi silam. Pada masa barter ini, masalah yang sering timbul adalah sulitnya mempertemukan orang yang saling membutuhkan ditempat dan waktu yang sama. Hal ini telah mendorong manusia untuk mengembangkan sistem perdagangan ataupun pertukaran dengan cara yang lebih mudah dan sederhana, lambat laun sistem barter ini pun digantikan dengan sistem yang lebih modern.

Uang logam

Uang logam pertama kali diperkenalkan oleh bangsa lydia (turki barat kuno) pada abad ke 6 sebelum masehi, pada saat itu uang logam yang dipakai tidaklah sama dengan yang kita kenal sekarang. Konon uang logam pertama ini berbentuk bulat lonjong menyerupai kacang polong, bahan baku uang logam kuno ini dikenal dengan sebutan elektrum, yakni perpaduan antara emas dan perak yang dibentuk sedemikian rupa dan dijadikan alat tukar yang sah.

Uang logam yunani

Bangsa yunani dikenal sebagai yang maju dan makmur pada masanya. Bangsa yunani pun membuat uang logam sebagai alat tukar yang sah namun dengan bentuk yang lebih modern yang dibubuhi stempel kerajaan. Karenanya yunani dikenal sebagai kerajaan yang membuat uang logam pertama dengan bentuk yang menyerupai koin modern. Meski demikian sangat sulit memperkirakan nilai tukar uang kuno ini bila dibandingkan dengan nilai mata uang modern, karena skala nilai tukar produk atau barang yang berbeda dengan saat ini.

Uang kertas

Sejarah mencatat uang kertas pertama mulai dicetak oleh bangsa Amerika yang waktu itu dipimpin oleh Benjamin Franklin yang juga disebut-sebut sebagai bapak uang kertas. Namun konon berabad-abad sebelumnya bangsa cina dibawah kekuasaan dinasti Tang telah membuat alat tukar berbahan kertas. Kertas yang digunakan terbuat dari pohon mulberry, yang tentu kualitasnya belum sebaik uang kertas modern.

Sejarah uang di Indonesia

Masa awal kemerdekaan merupakan masa dimana Indonesia mengawali kiprahnya sebagai negara yang merdeka dan berdaulat. Pada masa ini Indonesia belum mempunyai mata uang rupiah seperti sekarang, namun bukan berarti Indonesia tidak mempunyai mata uang sendiri sebagai alat tukar yang sah. Diketahui mata uang indonesia sebelum Rupiah bernama ORI, meskipun hanya empat tahun digunakan sebagai alat tukar atau mata uang yang sah.

Rupiah

ORI beredar luas ke seluruh penjuru negeri, meskipun pembuatan uang ORI ini hanya dibuat di yogyakarta saja. ORI dikenal sebagai uang dengan desain yang sangat sederhana untuk sebuah alat tukar, bahkan dikatakan berkualitas rendah dibanding uang Rupiah saat ini, walaupun dengan bentuk yang sederhana, ORI pernah beberapa kali diproduksi di waktu yang berbeda. Tercatat ORI pernah dicetak lima kali dalam jangka waktu empat tahun, yakni pada periode tahun 1945 – 1949. Barulah setelah empat tahun merdeka, indonesia menetapkan rupiah sebagai mata uang yang sah.

Nama rupiah sendiri adalah pengaruh dari budaya india pada masa kerajaan hindu – buddha di nusantara selama ratusan tahun, dan telah banyak mempengaruhi budaya dan bahasa di Indonesia. Dalam sejarahnya, kepulauan Riau dan Irian barat mempunyai Variasi uang rupiah sendiri namun dihentikan pemakaiannya pada tahun 1964 di Riau, dan 1974 di Irian Barat.

Seiring berjalannya waktu, era digital telah ikut ambil bagian dalam sejarah perkembangan mata uang dengan adanya uang elektronik. Kini uang elektronik juga sudah mulai dijadikan alat tukar, namun tidak semua dapat dengan mudah memakai mata uang ini. Penggunaan uang elektronik saat ini telah digunakan meskipun dalam jumlah dan skala yang  masih sangat kecil.

sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Uang

 

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *