Suka Duka Pelihara Kucing

Saat ini kucing merupakan hewan peliharaan terpopuler didunia. Konon ucing sudah berbaur dengan manusia sejak 6000 SM.

Di Indonesia sendiri, hidup berdampingan dengan kucing sudah menjadi hal umum. Jumlah orang yang pelihara kucing mungkin lebih banyak daripada yang memelihara hewan lain. kucing dikenal bersih dan punya tingkah yang lucu sehingga kita dapat terhibur setiap kali bermain dengan hewan yang satu ini

Bagi kita yang hobi pelihara kucing, pasti pernah mengalami suka duka yamg diakibatkan dari polah lucu si kucing. Buat yang berencana untuk pelihara kucing, kamu juga perlu tahu supaya bisa bersiap menghadapi sisi positif atau manfaat maupun sisi buruk atau negatifnya, agar dapat menghindari sesuatu yang tidak kita inginkan.

Memberikan hiburan tersendiri
Memelihara hewan kesayangan jenis apa pun akan memberi kita hiburan sederhana sehingga terhindar dari stres, begitu juga dengan memelihara kucing. Bermain dengan mereka atau sekadar mengamati kelakuannya akan membuat kita terhibur. Hal ini akan membuat kita lebih ceria dan mendapatkan mood yang baik.

Mudah dan untuk di pelihara
Kami rasa kucing adalah hewan yang jauh lebih mandiri dibanding hewan jenis lain. Sebagai contoh mereka tidak perlu dimandikan sesering anjing karena mereka bisa membersihkan tubuhnya sendiri. Kita juga dapat sesekali membebaskan merekan main keluar rumah, kucing juga tidak perlu rutin diajak berjalan-jalan karena bisa keluar untuk main, dan pulang sendiri.

Kucing lebih mandiri karena bisa mengubur kotorannya sendiri. Yang perlu kita lakukan adalah menyediakan bak pasir khusus buang air untuk mereka. Kita juga gak harus menyediakan kandang yang mahal karena umumnya mereka dapat ridur dimanapun mereka mau, bahkan apabila kita amati mereka senang ketika bisa tidur di dalam kardus bekas yang tersedia dirumah.

Rumah bebas hewan pungganggu
Mesi terlihat manja dan menggemaskan, kucing adalah salah satu pemburu terbaik. kucing masih memiliki naluri alami untuk berburu hewan yang lebih kecil. Jadi jangan hawatir, kucing bisa jadi pemburu yang efektif buat hewan kecil pengganggu seperti kecoa, tikus bahkan ular. Kehandalannya dalam berburu atau menangkap mangsa, paling tidak keberadaan kucing dirumah akan membuat hewan-hewan tersebut menjauh dari lingkungan rumahmu sehingga lebih nyaman.

Susah memahami apa yang kita ajarkan
Tidak berbeda dengan anjing, kucing mampu menerima arahan dari kita manusia, namun lebih sulit. Kita mungkin pernah merasakan betapa sulitnya menyuruh atau melarang kucing.

Tidak terkecuali melatih kucing untuk buang air di tempat yang telah disediakan, terkadang terasa sulit. Makanya, kita butuh lebih banyak kesabaran apabila ingin mengajarkan hal-hal tertentu pada kucing kita.

Seenaknya sendiri
Seekor anjing biasanya berinteraksi ramah dengan pemiliknya. Namun tidak demikian dengan kucing, sebaliknya mereka kadang suka seenaknya sendiri. Ketika sedang ingin manja, si meong akan naik ke pangkuanmu tanpa diundang. Namun, ketika kita yang sedang ingin bermain dengannya, kucing malah cuek dan ogah-ogahan untuk datang sekalipun sudah dipanggil berkali-kali

Tidak jarang, seorang pemilik kucing dibuat cemas karena kucingnya main keluar rumah berhari-hari. Kucing selalu suka datang dan pergi seenaknya apalagi untuk jenis kucing domestik, mereka adalah hewan yang bebas dan merdeka, mereka akan pulang ketika lapar dan ketika ingin pulang saja. Mungkin kucing bukan hewan pelihara an yang tepat untuk kita yang ingin selalu bersama dengan peliharaan kita

Tingkah lucu yang merusak
Meskipun tanpa maksud merusak dengan sengaja, kucing mempunyai kuku tajam yang biasa mereka gunakan untuk memanjat dan mempertahankan diri. Dan sudah menjadi kebiasaan kucing untuk mengasah kuku mereka pada media apapun. Kucing akan menggunakan media apapun termasuk barang-barang majikannya untuk melakukan itu.

Bagi siapa saja yang pelihara kucing, sofa atau gorden yang bolong-bolong akibat ulah kucing merupakan pemandangan yang biasa. Belum lagi karena kucing punya kebiasaan berjalan di tempat yang tinggi, barang-barang yang ditaruh di atas lemari, meja, atau rak pun sering jatuh dan pecah akibat tersenggol. Kita bisa memajang barang kesayangan secara tertutup untuk menghindari hal tersebut terjadi.

Tingkah kucing yang lucu kerap membuat kita merasa terhibur. Bentuk fisik dari kucing yang lucu dan berbulu membuat kita gemas ingin menggendong atau sekedar mengelus bulunya.

Demikian adalah kelebihan dan kekurangan dari memelihara kucing, yang ternyata mampu memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *