Tips Sederhana Membeli Mobil Bekas

Alat transportasi khususnya mobil kini sudah menjadi sesuatu yang sangat lumrah dimiliki sebuah keluarga. Mobil dianggap sebagai alat transportasi ideal yang dapat mengakomodir banyak hal. Banyak dari kita memilih untuk membeli mobil baru dari dealer, selain minim resiko perbaikan, memilih mobil baru dianggap lebih baik karena model yang up to date atau tidak ketinggalan. Sebagian dari kita berpendapat lain, membeli mobil baru adalah pembelanjaan yang tidak perlu karena terlalu mahal dan berpotensi terhadap anjloknya harga purna jual. Sebagai solusinya membeli mobil second atau bekas adalah pilihan terbaik.

Namun membeli mobil bekas bukan tanpa resiko lho, banyak yang merasa tertipu setelah membeli mobil bekas tanpa tau caranya. Kali ini kami ingin berbagi mengenai cara mudah membeli mobil bekas yang dapat dengan mudah kita pelajari.

Body
Pastikan kita melihat secara luas body mobil dari luar. Amati seluruh bagian mobil jangan sampai ada lekuk yang tidak wajar yang dapat menjadi pertanda pernah terjadi benturan pada mobil tersebut.

Lakukan dengan melihat pantulan bayangan benda disekitar mobil dari semua sisi luar body. Cara ini juga dapat mengetahui tebal tidaknya dempul pada mobil tersebut. Dengan kesimpulan semakin tidak rata bayangan pada body berarti semakin tebal dempul, cek juga area bodi dengan mengetuk dan memperhatikan suaranya, semakin tebal dempul

Mesin
Pastikan mesin tidak dalam keadaan bocor kompresi. Mesin dengan kompresi yang bocor tidak dapat bekerja secara maksimal. Tenaga yang dihasilkan dari kompresi tersebut tidak sempurna atau dalam istilah sehari-hari disebut ‘ngempos’ atau ‘ngoboss’ pada mesin diesel. Tanda yang paling umum adalah asap putih yang keluar dari knalpot pada mesin bensin ketika mesin di gas pada rpm tinggi dalam keadaan panas dan posisi mobil berhenti.

Pada mobil solar kita bisa memeriksa tutup tap mesin atau stick oli, apabila banyak keluar asap putih patut di curigai mesin diesel mobil tersebut bocor kompresi atau ngobos. Diketahui perbaikan mobil bermesin diesel dinilai lebih mahal ketimbang mobil bensin.

Pastikan juga tidak ada bunyi aneh pada transmisi atau gardan ketika mobil dicoba dijalanan. Ajak juga mobil untuk sedikit ber akselerasi, mobil yang normal pasti mempunyai akselerasi maksimal. Cobalah sejenak mobil untuk melintasi jalan menanjak, apabila tenaga tidak loyo, berarti mobil dalam keadaan baik.

Cat
Mempunyai mobil yang sedap dipandang dari tampilan luar merupakan kepuasan tersendiri buat kita. Mobil bekas pakai dibawah 5 tahun seharusnya masih dalam keadaan cat original bawaan pabrik. Menandai cat asli gampang-gampang susah, memerlukan ketelitian dan pengalaman.

Cara termudah adalah lihat body mobil dari jarak 3 meter di bawah langit cerah, apabila terdapat bagian cat spet atau cat ulang pasti akan menunjukkan gradasi belang atau cat tidak rata. Perhatikan juga cat bagian dalam lipatan pintu, jika terdapat gradasi menandakan mobil sudah pernah di cat ulang.

Untuk mobil bekas pakai di atas lima tahun biasanya sudah banyak yang telah di cat ulang, asalkan hasil cat baik, dari luar tidak merutus atau bergelembung udara, dan tipis dempul, kami rasa kondisi mobil yang demikian termasuk wajar.

Sasis
Beberapa mobil yang telah ber umur atau pernah mengalami kecelakaan yang parah, biasanya terdapat bekas sambungan las pada sasisnya. Kondisi seperti ini akan menghancurkan harga pasar mobil itu sendiri karena terdapat cacat pada sasis.

Yang tidak kalah pentingya sebelum membeli mobil adalah cek upfront. Buka kap mesin lalu cek bagian upfront, pastikan tidak ada las selain sambungan dari pabrik, atau pastikan upfront tidak ada penyok dan utuh bentuknya, belum pernah dicat ulang, atau dilapisi dempul.

Kaki-kaki
Bagian ini sangat penting untuk mendukung kenyamanan sebuah mobil, perlu diketahui biaya perbaikan kaki-kaki juga tidak bisa dibilang murah. Periksa bearing ke 4 roda, pastikan velg dalam keadaan baik persisi atau tidakĀ  peyang.

Periksa juga bagian peredam kejut, jangan sampai ada kebocoran oli, keausan komponen kaki-kaki, terdapat baut kendor dan juga keausan pada ban yang tidak merata atau botak dibagian tertentu. Biasanya pemeriksaan tersebut memerlukan ketelitian dan jarang terlihat sekilas dari bagian luar. Ini juga sangat penting mengingat biaya perbaikan kaki-kaki mobil tidaklah murah.

Dokumen dan kelengkapan
Yang satu ini juga sangat penting Namun sangat membutuhkan ketelitian didalam pengecekan. Tanyakan kepada pemilik letak nomor body dan nomor mesin jangan sampai ada salah di penulisan. Apabila ada kejanggalan jangan ragu untuk menanyakan kepada penjual dengan jelas.

Sebelum membeli mobil bekas idaman, tanyakan juga faktur pembelian awal, diketahui bahwa faktur ini merupakan identitas pertama dari sebuah kendaraan. Keuntungan dari memiliki faktur adalah dapat mengurus BPKB apabila terjadi kehilangan.

Semoga apa yang kami tulis dapat sedikit memberi pencerahan kepada siapa saja yang sedang berburu mobil idaman second atau bekas. Apabila ragu ajaklah cecker atau orang kepercayaan dibidang ini untuk memastikan mobil dalam keadaan layak beli.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *