Uniknya Fakta Seputar Ibu dan Kehamilannya

Janin atau bakal bayi selalu punya sisi misterius yang sangat layak diperbincangkan, kali ini kami ingin mencoba sedikit bercerita tentang ajaib dan uniknya perkembangan janin dalam kandungan. Sebelum menjadi bayi yang mungil atau jauh sebelum menjadi balita yang lucu dan menggemaskan, janin mempunyai tahapan pertumbuhan yang akan membuat kita takjub, betapa kita dulunya adalah sebuah gumpalan daging yang sama sekali tidak bisa bertahan tanpa bantuan seorang Ibu. Ini mengingatkan kita betapa pentingnya menjaga hubungan baik dengan orangtua kita, mengingat jasa mereka dalam menjaga kita sejak dalam rahim sang ibu.

Trimester pertama

Perjuangan seorang ibu tidaklah mudah. Pada awal kehamilan atau trimester pertama, seorang Ibu biasanya mengalami perubahan sikap yang drastis. Mulai dari rasa mual di pagi hari, pusing, sembelit, lemas, nyeri punggung dan perubahan mood. Seorang ibu biasanya akan merasa kaget dengan semua perubahan yang terjadi secara beriringan, terutama bagi ibu pekerja atau wanita karir. Namun ternyata tidak sampai disitu, terkadang ada dari sebagian ibu yang merasakan perubahan perasaan kepada suami. Perasaan tidak suka apabila dekat dengan suami adalah perubahan yang juga dianggap wajar, hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para suami sekaligus pembelajaran bagi kita para suami agar tetap sabar menghadapi seorang istri yang tengah mengandung sang buah hati. Seorang dokter yang memeriksa istri saya menyarankan agar pada trimester awal ini ibu harus mencukupi asupan serat, zat besi, protein, asam folat, susu dan juga menghindari olahan daging atau telur yang kurang matang.

Trimester kedua

Perlu diingat kehamilan adalah anugerah yang banyak ditunggu oleh kita semua. Pada trimester kedua, bisa dikatakan penderitaan pada ibu mulai berkurang. Seorang ibu biasanya akan merasakan bahwa nafsu makan yang semula hilang di trimester awal saat ini telah kembali. Memasuki periode kehamilan ini, berbagai keluhan yang dirasakan pada trimester awal seperti mual dan muntah umumnya sudah mulai berkurang. Pada trimester kedua ini para ibu hamil biasanya mulai merasa lebih nyaman dari trimester sebelumnya. Berbagai keluhan yang dirasakan pada trimester kedua biasanya meliputi hidung tersumbat, masalah pada gigi dan gusi, perubahan pada kulit, keram pada kaki, sakit punggung, dan pusing. Yang harus lebih diperhatikan ibu saat memasuki trimester ini adalah mulai mengkonsumsi makanan yang mendukung tumbuh kembang janin sekaligus kesehatan si ibu, seperti mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi, folat, protein, kalsium, magnesium, dan vitamin D.

Trimester ketiga

Trimester ketiga ini merupakan tahap akhir dari sebuah kehamilan, perubahan bentuk tubuh sang ibu disertai dengan semakin besarnya ukuran si janin harus dibarengi kesiapan sang ibu. Diharapkan ibu sudah semakin mengerti dan memahami informasi mengenai persalinan, ini penting untuk mengurangi kecemasan dan menguatkan mental saat menghadapi persalinan nantinya. Fase akhir kehamilan ini juga diikuti beberapa hal yang mungkin terjadi pada ibu, diantarnya meliputi sakit punggung, sensasi panas di perut, bengkak pada bagia tubuh tertentu, kontraksi palsu, dan nafas yang memendek. Pada trimester akhir ini organ dan tulang pada janin sudah mulai terbentuk ini ditunjukan dengan seringnya si janin menggerakkan kaki seperti menendang dalam kandungan ibu. Yang juga harus diperhatikan adalah pemenuhan asupan nutrisi, nutrisi yang dibutuhkan antara lain adalah zat besi, kalsium, zinc, vitamin A, dan juga omega 3.

Setiap calon orang tua pasti punya cerita tersendiri tentang kehamilan calon buah hati mereka. Namun yang paling penting adalah mempelajari seluk beluk kehamilan agar mempunyai kesiapan untuk menghadapi fase demi fase yang akan dilewati sang calon ibu dalam sebuah keluarga. Disini peran penting suami atau sang calon ayah juga sangat diperlukan, bukan saja sebagai suami siaga namun juga sebagai orang yang memberikan perhatian penuh secara mental terhadap si calon ibu. Semoga catatan sederhana ini dapat memberikan informasi atau masukan positif untuk semua keluarga yang tengah menanti kehadiran sang buah hati ke dunia.

 

Sumber : https://www.halodoc.com/kesehatan/trimester-1

: https://www.alodokter.com/6-ketidaknyamanan-trimester-kedua-kehamilan-dan-cara-mengatasinya

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *