Uniknya Iklan Jadul, Keren Tapi Bikin Geli Sendiri

Dalam dunia pemasaran iklan merupakan hal yang sangat berperan. Iklan merupakan cara berkomunikasi produsen untuk memperkenalkan produk mereka kepada halayak ramai. Berbagai media kini bisa jadi papan iklan, mulai dari yang modern seperti media sosial, televisi, radio, bahkan masih banyak yang menggunakan poster atau papan space iklan dijalan.

Sepeda Motor

Iklan sebuah sepeda motor jadul pabrikan Jepang ini terlihat masih sangat sederhana, seorang pengendara yang nyaris tanpa ekspresi berdiri dengan pose tangan deket resleting wkwkwk… celana sama jaket kulitnya juga lebih mirip sama penyanyi rock jaman itu.
Ada juga iklan sepeda motor eropa jenis scooter. Dimana seorang mbak-mbak berpose berdiri memegang kemudi scooter tanpa menggunakan perlengkapan keselamatan berkendara sepeda motor (apa ndak masuk angin ya mbaknya pake pakaian minim? Hahaha) dengan setting foto di sebuah taman.

Susu
Nampak pada sebuah poster berwarna dengan tulisan “susu anak baji” mungkin yang dimaksud adalah susu untuk bayi kali yah… yang sedikit unik adalah terdapat semacam tulisan mandarin disisi kiri. Iklan ini sangat sederhana tapi mungkin sangat modern di jamannya.
Iklan sebuah produk susu dari nestle juga tak kalah unik, pada iklan tersebut terdapat penjelasan menggunakan semacam bahasa sunda kuno yang bertajuk ” soesoe amis tjap nonna) mungkin yang dimaksud amis disini adalah manis. Kayaknya si nih iklan dibuat sebelum indonesia merdeka, dugaan ini diperkuat dengan tulisan kecil Batavia di kanan bawah.
Bear Brand juga nggak kalah unik nih, rasanya geli sendiri kalo liat. Beberapa waktu lalu banyak meme yang menyebutkan “Susunya sapi, Gambarnya beruang, iklannya naga, maunya apa?” Iklan ini tak kalah lucu, pada iklan tersebut ada om-om kumisan sama tante pake baju ketat minim yang lagi jogging tapi lebih mirip lagi joget dangdut.

Obat sakit perut
Sebuah iklan obat tradisional yang sampai saat ini masih lestari juga gak kalah unik, terlihat dari bahasa yang dituliskan diperkirakan iklan ini dibuat pada tahun 50an. Pada iklan tertulis bahwa obat tersebut berkhasiat untuk mengobati dengan cepat diare, mabuk kendaraan, dan pusing, serta meningkatkan nafsu makan, tentu saja dengan bahasa yang unik.

Jamu
Sebuah iklan jamu tradisional untuk pemulihan setelah bersalin juga sangat unik. Tulisanya juga pake ejaan jadul, disitu ditulis bahwa kegunaan jamu tersebut agar si peminum cepat pulih pasca bersalin dan jadi tampak tambah muda.

Shampo
Gak disangka kalo produk sunsilk dulunya iklannya unik banget, iklan tradisional dengan format sederhana dan hitam putih tersebut menampilkan botol kemasan shampo jadul yang waktu itu merupakan model baru yang kece, gak nyangka ya saat ini produk tersebut masih banyak dipake dan masih banyak kita jumpai di manapun.

Mie Instant
Inilah merek mie instant paling dikenal di Indonesia, bahkan produk mie instant ini kini sudah dinikmati di luar negeri karena telah dipasarkan di banyak negara. Walaupun iklannya terbilang telah memakai Ejaan Yang Disempurnakan, tapi tetep aja kesan jadulnya masih sangat kerasa, terlebih logo lambang tiga roda di kiri atas iklan. Hmm… jadi inget sebuah produk semen.

Mentega
Yang unik dari iklan mentega ini adalah kostum si bapak dalam acara lebaran, si bapak makan mentega aja musti pake dasi plus peci. Iklan jadul ini mungkin sudah masuk ke era 70 an dimana bahasa yang digunakan pada iklan keliatannya udah pake ejaan yang disempurnakan.
Ada juga iklan dari produk yang sama, iklan tersebut menceritakan seorang anak bernama giman, nama yang mungkin sudah jarang dipake saat ini.

Sabun Mandi
Satu lagi yang unik, sebuah iklan dari produk sabun mandi keluarga, yang dimana disitu diceritakan bahwa sabun tersebut dapat menghilangkan rasa capek. Bahkan diterangkan apabila mandi dengan sabun tersebut maka kulit kita dapat bernafas lagi Hahaha…
Sebuah sabun kecantikan yang lebih jadul juga menampilkan iklannya dengan cukup unik, tulisan pada iklan tersebut berbunyi “ini saboen dipakai oleh 9 dari 10 bintang film”

Balsem
Iklan balsem jadul yang satu ini juga gak kalah unik, pada iklan tersebut terdapat seorang pejalan kaki dengan pakaian lengkap serta topi dalam keadaan keujanan. Diaebelahnya juga ada gambar sepasang suami istri yg posisinya istrinya lagi ngerik suaminya pake balsem tersebut. Bahkan yang lebih unik disitu tertera tulisan ” bila perlu boleh diminum”. Kalo diliat dari bahasanya Diduga Iklan jadul ini terbit di tahun 60 an.

Baterai
Iklannya simpel, nyritain kalo baterai ini bisa digunakan buat ngidupin senter, udah gitu bisa buat main hantu-hantuan pake senter tersebut hehehe…

Semua penjelasan diatas adalah murni opini dan pendapat mimin ya, terimakasih.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *