Yuk Pelajari 8 Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Bagi umat Islam puasa Ramadhan merupakan salah satu ibadah wajib yang dijalani setiap tahun. Selain puasa ramadhan, puasa juga sudah menjadi budaya atau kebiasaan yang merupakan ibadah para Nabi sejak dulu. Selain itu, puasa juga diyakini sebagai ibadahnya orang yang sedang melatih diri untuk bersyukur dan juga bersabar. Tidak hanya itu, apabila ditinjau dari sisi medis ternyata ada banyak sekali manfaat puasa yang bisa kita ambil.

  1. Menurunkan berat badan

Sangat masuk akal apabila puasa dikatakan bisa menurunkan berat badan. Nah bagi kalian yang sedang dalam program diet puasa bisa menjadi solusi yang baik lho. Ketika tubuh kita merespon puasa, glukosa yang tersimpan dalam tubuh kita akan dipecah sampai habis, ketika sudah habis proses yang dinamakan ketosis kemudian dimulai. Ketika proses ini berlangsung tubuh mengadakan pemecahan lemak pada otot dan ginjal. Jumlah lemak yang terbuang akan membuat berat badan menurun.

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh

Bagaimana mungkin rasa lapar dan dahaga bisa meningkatkan kekebalan tubuh? Hal ini sangat mungkin terjadi, Yakni dengan pola makan yang baik dan seimbang pada saat sahur dan berbuka puasa. mengkonsumsi sayur dan buah yang cukup akan meningkatkan penyimpanan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Kita disarankan mengkonsumsi buah-buahan saat sahur dan berbuka agar kebutuhan cairan yang hilang saat berpuasa terpenuhi.

  1. Menurunkan gula darah

Karena tubuh tidak mendapat asupan makanan selama  berjam-jam puasa, tubuh akan merespon dengan menggunakan cadangan glukosa yang tersimpan sebagai energi dikala kita puasa

  1. Mengistirahatkan organ pencernaan

Organ pencernaan adalah organ yang bisa dikatakan paling sibuk bekerja sepanjang hari. salah satu manfaat dari berpuasa adalah membuat organ pencernaan bekerja tidak terlalu berat. Ketika berpuasa saluran dalam tubuh kita juga akan banyak beristirahat, dari yang setiap harinya harus bekerja terus menerus sepanjang hari.

  1. Detoksifikasi atau membersihkan badan dari racun

Tanpa kita sadari, beragam makanan yang kita makan setiap hari mengandung zat yang berpotensi menjadi racun di dalam tubuh. Puasa merupakan salah satu upaya yang sangat baik untuk membuang racun di tubuh kita, karena dengan penyaringan alami saja rupanya belum cukup. Racun tersebut biasanya terdapat atau tersimpan dalam lemak. Pada saat kita berpuasa secara tidak sadar pembakaran lemak akan lebih sering dari biasanya.

  1. Peremajaan sel kulit

Metabolisme dalam tubuh terhenti atau beristirahat saat kita berpuasa, dan ini memberikan kesempatan kepada kulit untuk bekerja lebih aktif. Ini memungkinkan sel kulit yang telah mati digantikan dengan sel-sel baru atau biasa disebut dengan peremajaan. Dapat disimpulkan bahwa puasa juga dapat memberikan manfaat dari segi kecantikan.

  1. Mengontrol konsumsi berlebihan

Karena berpuasa, biasanya pada siang hari kita akan menghemat energi dengan tidak melakukan aktivitas yang berat. Ini memudahkan kita mengontrol konsumsi makanan yang kurang sehat secara berlebihan. Pada umumnya kita akan mengkonsumsi gula, lemak dan kafein berlebih saat tidak puasa. Sebagai contoh, kita biasanya mengawali hari dengan secangkir kopi dan gula, siangnya kita makan kue yang lagi-lagi mengandung gula, lalu makan gorengan pada sore harinya dan seterusnya. Karena telah menjadi kebiasaan, Kita tidak pernah sadar telah menimbun gula dan lemak setiap hari. Dan dengan puasa, konsumsi makanan dengan kadar berlebih dapat di kontrol oleh tubuh kita.

  1. Meringankan peradangan

Ternyata konsumsi makanan yang tidak sehat juga meningkatkan resiko peradangan, sumber radikal bebas adalah salah satu penyebabnya. Manfaat menjalankan puasa salah satunya adalah mengurangi peradangan dengan kontrol asupan makanan yang kurang sehat, sebagai contoh adalah konsumsi gula, karbohidrat olahan, susu, daging , makanan yang digoreng, bahkan alkohol. Manfaat puasa yang lain juga adalah kontrol terhadap keseimbangan hormon.

Selain menjadi bagian dari ibadah bagi umat Islam, puasa juga merupakan pilihan yang tepat bagi mereka untuk melatih menerapkan pola hidup sehat yang murah dan mudah, serta dapat dilakukan oleh siapapun. Dengan menjalankan puasa berarti kita telah meringankan kerja organ pencernaan dan menjaganya tetap sehat.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *